Dari Pengingat Lupa Hingga Menjadi Tempat Bertanya - LunarV2 Trip

Thursday, 24 January 2019

Dari Pengingat Lupa Hingga Menjadi Tempat Bertanya


"Hallo kak, mau tanya biar bisa liburan murah ke luar negeri gimana ya kak ?" pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan pertama yang paling populer ditanyakan di tahun 2018 kepada saya disamping dari pertanyaan "Kak udah punya pacar ?" sebagai pertanyaan kedua terpopuler, dengan senang hati saya jawab pertanyaan tersebut walaupun sebenarnya sebagian jawaban dari setiap pertanyaan tersebut telah saya sematkan di beberapa artikel blog termasuk pertanyaan populer kedua, mungkin karena sudah terkubur di lapisan postingan yang paling dalam sehingga pembaca tidak menemukan jawaban tersebut. Tetapi meski pertanyaan itu diulang berkali-kali pun saya sangat senang untuk menjawabnya dengan harapan semoga jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ibadah untuk saya disamping tips, trik dan ilmu harus dibagi-bagi.

Memang rasanya tidak terpikir sejauh ini, hingga akhirnya kini banyak pesan dari pembaca yang harus dibalas satu-persatu. Dahulu sebelum blog ini dibuat, saya sudah sering menuliskan perjalanan pada sebuah notes dari setiap perjalanan yang dilakukan karena kejenuhan saya terhadap kuliah, disamping saya orangnya pelupa menuliskan pada sebuah notes ditujukan untuk dapat menggabungnya dikemudian hari sehingga lebih mudah untuk dibukukan. Namun ada kendala dari penulisan pada notes, memang penulisan pada notes tidak memerlukan sebuah daya dan energi namun dibalik itu kendala yang sering didapat yaitu karena saya orangnya yang suka backpackeran terkadang sering mengabaikan kondisi dan situasi, dulu pernah saat backpackeran ke bali saya membawa notes dan pada saat itu hujan lebat yang pada akhirnya notes saya kebasahan dan harus menunggu kering untuk bisa dibaca atau menulis kembali, selain itu ada pula kejadian notes tertinggal dirumah ketika saya melakukan perjalanan sehingga tidak bisa menulis pengalaman perjalanan yang pada akhirnya pengalaman perlu diingat-ingat hingga pulang. "Kan ada smartphone, mengapa tidak dipakai ?" pertanyaan yang pasti terlintas ketika membaca ini, memang saya punya smartphone namun pada saat itu saya masih memiliki smartphone dengan kondisi yang tidak sehat dengan baterai mudah drop sehingga saya mencoba memperpanjang daya hidup smartphone dengan cara menggunakannya ketika butuh saja.


Dari hal itu dicarilah ide agar notes tersebut bisa dibawa kemana-mana, karena saya berlatar belakang pendidikan IT alhasil pemecahan masalah tersebut saya terapkan dengan menggunakan ilmu IT. Beruntung kita hidup di era digital yang memudahkan manusia untuk melakukan sesuatu termasuk tulis menulis. Ya, akhirnya masalah terpecahkan dengan saya menuliskan semua pengalaman backpackeran pada sebuah blog. Selain pengalaman backpacker bisa dibaca oleh pribadi, pengalaman tersebut juga bisa dibaca oleh orang lain sehingga dari semua perjalanan yang dilakukan tidak ada hal yang sia-sia. Dan akhirnya saya resmi menyandang gelar blogger.

Semenjak masalah tersebut terpecahkan saya semakin rutin menulis pada blog, setiap tulisan yang ditulis pada blog merupakan sebuah ekspresi saat jari menekan keyboard dan otak yang mencurahkan pikirannya. Kegiatan yang merupakan penyampaian ekspresi ternikmat sehingga membuat candu. Seiring waktu blog semakin berkembang dan pembaca semakin banyak, tidak terpikirkan di awal saat membuat blog ini yang akhirnya akan menjadi sebanyak itu. Lain di blog, instagram pun ramai dengan DM yang penuh tentang pertanyaan seputar backpacker. Terkadang itulah hiburan saya sebagai seorang travel blogger, membalas DM, komentar dan pesan WA tentang pertanyaan segala sesuatu terkait backpacker. Indonesia itu sebagian adalah pecinta traveling dan sebagian lagi adalah penikmat traveling modal minim ! ya, mereka menikmati traveling walaupun dalam perjalanannya terbilang belangsakan.

Maka munculah komitmen untuk menjadi travel blogger di era digital ini yang memberikan sebuah pengalaman nyata travel bergaya backpacker, karena saya mengerti bahwa sebagian pembaca adalah bernasib sama seperti saya yang memiliki keinginan tinggi namun memiliki modal rendah untuk mewujudkan perjalanan tersebut. Agar pembaca dapat menerapkan pengalaman saya yang telah dilakukan untuk mempermudah mereka menuju tempat yang diinginkan dengan biaya murah. 

www.lunarv2.com - Event Blogger di Cirebon
Dari hal itu saya semakin bangga menjadi seorang travel blogger di era digital ini dengan banyak hal yang mendukung mereka maupun saya untuk melakukan perjalanan, secara tidak langsung dari menjadi blogger saya mendapatkan jaringan pertemanan yang meluas, mulai dari sesama blogger, pembaca hingga event yang ditujukan khusus blogger. Namun menjadi travel blogger pun tidak selamanya manis, perlu modal untuk tetap bisa melanjutkan perjalanan yang telah dimasukan bucket list dan memang hal tersebut perlu dipikirkan. Selain pendapatan langsung dari pekerjaan sehari-hari adapun cara lain yaitu dengan keikutsertaan lomba yang diadakan khusus blogger, era digital sekali lagi menguntungkan blogger dengan adanya lomba-lomba untuk penulis-penulis digital. Lomba yang diadakan pun tidak hanya dari satu pihak saja, adapun lomba yang diadakan dari pemerintah, organisasi, lembaga ataupun dari sesama blogger contohnya pemilik blog nodiharahap.com yaitu mas Adhi Nugroho yang membuat kompetisi blogger sendiri untuk para  penulis digital. Bersyukurnya saya memiliki sebuah blog yang digunakan selain untuk menuliskan dan memberikan pengalaman saya pada orang lain, juga untuk diikutsertakan kompetisi yang sering diadakan kepada para blogger.

Itu semua adalah sebuah latar belakang, perjalanan dan kebanggan saya menjadi seorang blogger. 2 tahun telah berjalan menekuni profesi sebagai travel blogger dan semoga di tahun 2019 ini saya dapat terus mencoret bucket list yang telah ditulis, berjalan dengan semangat agar dapat konsisten memberikan tulisan yang bermanfaat, semoga tulisan saya tetap menjadi sumber informasi, inspirasi dan hiburan bagi pembaca. Maka dari itu mari kita berjuang bersama-sama di tahun 2019 ini.




#KompetisiBlogNodi  #NarablogEraDigital

2 comments:

  1. Iya... kalau punya blog, senang juga bisa berbagi, apalagi menjawab pertanyaan dari orang lain. Sama dengan saya, yang membuat saya senang ngeblog juga karena saya bisa membantu orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, cukup jawab pertanyaan mereka aja udah seneng. haha..

      Delete