Cara Menggunakan Bus dan MRT di Singapore ? - LunarV2 Trip

Wednesday, 9 August 2017

Cara Menggunakan Bus dan MRT di Singapore ?


     Gw nulis artikel ini sebenernya sambil hisak nahan meler, ya karena kehidupan Jomblo karatan emang kayak gini gak ada yang merhatiin. Banyak yang nanya nih "gimana sih cara naik MRT dan Bus di Singapore ?" oke langsung jawab aja ya.. lu tinggal langsung naik aja... Anjay kan jawabannya ?. Oke serius, "Gimana cara naik Bus dan MRT di Singapore ?" Sebenernya itu merupakan hal yang gampang bagi yang pernah berangkat ke sana, tapi gimana kalo kasusnya lo itu belum pernah berangkat kesana sama sekali ? How to do it ?, bagi pemula emang sih bakal rada bingung tapi kalau udah langsung coba di TKP maka insting Navigasi lu berjalan sepenuhnya. Gw bahas satu-satu dulu ya soalnya kalo dua-dua itu sayang Ayah.. jadi caranya mudah aja yaitu pertama cari tempat pembelian tiket di sekitar MRT, dan tiket itu ada 3 macamnya :

  • Standard Ticket = Bisa di dapet di mesin Ticket MRT yang telah tersedia, dan bahasanya pun mudah dipahami karena ada berbagai macam bahasa. cara belinya tinggal lu pilih beli tiket, pilih route, lalu masukan uang di samping mesin. tunggu hingga ticket keluar dan kembaliannya ( kalo uangnya lebih )
  • STP (Singapore Tourist Pass) = Kalo ini beda lagi, lu bisa dapet Card ini di tempat tertentu, kayak di Chinatown MRT Station, Bugis MRT Station, Changi MRT Station. Kartu ini dihususkan untuk Turis dengan perjalanan singkat (max 3 hari), karena waktu maksimal kartu ini cuman 3 hari. Harganya ? 
    - 1 Hari = S$ 20 termasuk deposit S$ 10
    - 2 Hari = S$ 26 termasuk deposit S$ 10
    - 3 Hari = S$ 30 termasuk deposit S$ 10
    Itu udah termasuk deposit, jadi kalo udah selesai tinggal balikin kartunya maka lu bisa dapetin deposit kartunya lagi, tapi dengan aturan jangan melebihi batas waktu. Jika sewa kartu ini maka lu bisa naik Bus, MRT, LRT sepuasnya dalam jangka waktu tertentu.
  • Ez-Link = Nah kalo ini banyak dipake sama masyarakat Singapore dan prinsipnya tuh sejenis e-money. Lu bisa beli makanan atau minuman di mesin makanan pinggir jalan atau bayar MRT, LRT, Bus, dll. Semua itu hampir tidak terbatas, tapi kartu ini perlu diisi saldo. karena kalo di Singapore naik kendaraan tuh kagak ada yang bayar Cash, kecuali Taksi.

Nah tadi gw udah bahas tuh kartu buat naik kendaraan nya, sekarang bahas cara menggunakannya. Jadi kalo lu udah punya kartunya maka lu tinggal ke Station MRT yang dituju dan Tap kartu tersebut di pintu masuk MRT (gw bahas MRT dulu ya). lalu naik aja tuh MRT dan turun di Stasiun tujuan. tapi ada beberapa hal tentang MRT contohnya Transit MRT yang cukup membingungkan. 

Jalur MRT
     Oke sekarang lu liat gw peta diatas, Contohnya lu mau ke Raffles Place (jalur hijau) dan lu berangkat dari Changi Airport maka yang harus lu lakuin adalah naik dari Changi lalu Transit di Tanah Merah dan ambil jalur yang ke Tuas Link (ujung) atau yang melewati Raffles Place dan jangan naik yang ke arah Pasir Ris. Lalu ada lagi transit 1 warna, biasanya di tengah route contohnya kayak gini misalkan di Outram Park (jalur hijau) itu ada yang jurusannya ke Tuas Link dan ada juga yang ke Tanah Merah, jadi kalau misal dari Tanjung pagar mau ke Tuas Link harus transit juga di Outram Park walau jalurnya sama. Lalu ada lagi yang namanya Transit pindah jalur (pindah warna) contohnya lu mau ke HarbourFront (jalur ungu) dan lu naik dari Bugis (jalur biru) maka lu naik dari Bugis MRT Station dan Transit di ChinaTown lalu turun di HarbourFront. Gimana dah jelas kan ?

Mesin Tap Kartu dan Tombol Stop

- Lu Tap kartu di layarnya kalo mau masuk atau keluar bus, dan lu liat kan ada semacam tombol di tiang bus dan itu berguna jika lu mau berhenti di halte selanjutnya dari bus.

     Nah sekarang kita bahas gimana sih caranya naik Bus ? Kalo naik Bus sama aja, lu tinggal cari Halte Bus dan lihat juga arahnya. Naik seperti biasa dan harus naik dari pintu depan soalnya kalo dari pintu sopir lo bakal ditendang, disamping pintu depan ada mesin Tap kartu maka sebelum lu duduk tap dulu kartu lu di mesin itu. Gimana mau berhentinya ? itu bus berhenti di setiap Halte yang dilewati oleh jalur atau trayeknya, tapiiiii.... perhatikan ini ! bus gak akan berhenti di Halte apabila Halte kosong atau lu gak pencet tombol buat berhenti di Halte selanjutnya. Buat tombol ada di setiap tiang bus, lu wajib pencet kalo mau turun soalnya kalo gak pencet itu bus gak akan BERHENTI ! Setelah itu keluar dari pintu tengah, dan disamping pintu ada mesin Tap lagi tetapi itu gak wajib atau sunah, jikalau lu nyaman atas perjalanan si supir maka tinggal Tap aja kartu lu di mesin deket pintu keluar itu dan saldo lu juga gak akan berkurang kok... Itu cuaman buat nambah Rating si Sopir bus.

Contoh jalur Bus
- Yang di blok hitam itu posisi halte lu, Road Name ( Nama Jalan ), Bus Stop (Nama Halte yang dilewati) dan 175 itu nomor bus.

     Nah gimana buat Route nya ? Lu bisa liat di papan informasi halte bus, tiap nomor bus memiliki rute yang berbeda. jadi lu tinggal cari aja tempat tujuan lu di tiap nomor bus dan kalau ketemu tinggal naik nomor bus tersebut. Nah kalau misalkan tidak ada, bisa transit di Halte terdekat dengan tujuan dan naik lagi dari halte tersebut. Dan sebenernya mudah kok gak terlalu sulit seperti yang dibayangkan apalagi kalo sering naik KRL atau BusWay, gw aja gembel dari kampung bisa masa lo jomblo karat dari kota gak bisa ? Kalo masih bingung bisa komen aja dibawah, entar gw jawab..
Oh, tambahan dari gw. Jangan pernah Makan atau Minum di kendaraan Umum contohnya MRT, Bus, LRT soalnya hal itu dilarang di Singapore, kalau misalkan ketauan maka denda besar menanti dan gak tanggung-tanggung dendannya yaitu S$500 atau setara Rp. 4.700.000,- 

2 comments:

  1. Kayaknya kita punya minat yang sama nih soal urban traveling dan transportasi umum. Fotonya tambahin lagi, Gan! sama panduannya bisa lebih dirinci, dirunut, dan dikembangkan :D

    Kalo bingung soal naik bus di Singapura, bisa pakai Google Maps. Akurat banget! Dari nomor bus sampai jumlah halte yang dilewati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panutan gue banget nih si mas Teguh, haha.. Iya siap mas, makasih bimbinganya mas.

      Itu beneran deh baru tau kalo google bisa akurat sampe segitunya, tapi masalahnya harus Online kalo gak salah kan ? sementara kalo ke Luar Negeri jarang beri SIM Card lokal, hehe..

      Delete