Pengalaman Backpacker Sendiri Ke Malaysia Dengan Berbagai Kekonyolan, Kebodohan dan Penipuan (Bagian 1) - LunarV2 Trip

Wednesday, 25 July 2018

Pengalaman Backpacker Sendiri Ke Malaysia Dengan Berbagai Kekonyolan, Kebodohan dan Penipuan (Bagian 1)


"Yesss !!! Dapet kursi gratis !!!" Gue teriak-teriak didalem kamar sumpek, udah mantep nih liburan akhir semester bisa jalan-jalan ke Luar Negeri. Merasa merdeka dari kerja rodi selama Semester 6 ! "eh tapi ada yang aneh ya ? apaaaa ya ? aduh buset salah masukin nama -_-" konyol sih iya tapi akhirnya gak dibenerin.


Kuliah beres tinggal nunggu hari H dan akhirnya gue bertemu sama yang namanya hari H, hahaha ! udah gitu aja. Berangkat malem dari Rumah dengan membawa Tim gua yaitu Ransel beserta anggota intinya. Setelah Check-in di Stasiun gak lama dari itu kereta Serayu tujuan Ps.Senen datang, Udah kebiasaan gak tau dari mana datangnya, hape gua rusak. "aduh nih kenapa hp ngedadak rusak sih !" satu-satunya alat buat komunikasi gue rusak dan gak ada waktu buat service karena besok dah harus di Bandara. Sebagai anak IT gue coba benerin hape gak tau diri tu, pada akhirnya gue mau nyerah. Tapi gak lucu kan di negara orang gak bisa komunikasi, "hadoooooohhhh !!!!" gue teriak diluar kereta pas kereta ngetem di Cipendeuy Garut, orang-orang pada liatin gue tanpa pikir panjang gue berdrama liat berita karena Belgia Juara 3 World Cup 2018 biar gak keliatan bego. Okeh cari akal, akhirnya gue ambil jalan terakhir yaitu Hard Reset ! *mampus lo ! data gue ilang semua* sampai Jatinegara perasaan gue masih gak mood gara-gara peristiwa hape konyol tersebut.
Gue turun di Stasiun Jatinegara dan gak jadi turun di Pasar Senen, dilanjut pake KRL ke Sudirman dari stasiun itu jalan sedikit ke Sudirman Baru atau sering disebut BNI City tempat naik kereta Bandara atau Railink, gue jalan dari Sudirman karena stasiun tersebut saling terhubung tapi ya lumayan jauh juga kalo buat orang ngesot mah. Pas Baru sampe "Selamat Pagi Bapak", idih ramah bener disini, pas tadi gua nuker THB di Sudirman aja petugasnya cuek-cuek londok apa mungkin gue keliatan tajir ya ? *aminin dong !* , naik sedikit ke lantai atas ada mesin tempat beli tiket lalu gue beli tiket nya dengan harga 70.000, relatif lah harga segitu. kereta datang dan gue tinggal duduk manis. Karena Railink sepi gue jadi berasa naik kereta pribadi.
www.lunarv2.com - Railink Sepi
~
Sampai di bandara langsung Check-in Counter karena pas Self Checkin gagal mulu ! jadi mau gak mau Checkin di Counter. Checkin udah, makan udah, mandi udah, semua udah, yaudah gitu aja... alhasil gue bosen lalu nyari pelampiasan buat ngobrol karena Open Gate masih lama, akhirnya gue ngobrol sama TKI Korea sampe Gate hampir dibuka.

Day 1

Bergegas deh ke imigrasi kebetulan gak penuh amat waktu itu, karena gue pingin minum nantinya di pesawat akhirnya nyisain air setengah botol biar gak disita.

"Mas Gate 3 dimana ya ?" tanya gue ke petugas imigrasi, 
"Dari sini turun eskalator terus belok kiri lurus aja" jawab petugas imigrasi
"Oh gitu ya"
"Tapi lumayan jauh sih" cletuk nya
"Apa mas !?"
"Lumayan jauh" jawabnya lagi

Lah sejauh gimana sih paling juga 300 meter pikir gue.

"Dek, kok bisa bawa air ?" tanya kakek-kakek dibelakang gua
"Oh iya, emang bisa pak"
"Punya bapak disita tadi botol minumnya" jawab kakek
"Oh bapak bawa air nya jangan banyak-banyak emang bakal disita kalo airnya full sebotol" jawab gue dengan senyum sales.
"adek mau kemana ?" 
"ke Malaysia, kalo bapak ? tanya gue 
"ke Saudi"
"Mau Umroh ya pak ?" tanya gue dengan yakin tingkat dewa
"Enggak, mau kerja. Hati-hati aja dek" jawabnya sambil senyum iblis membuat gue ciut.

Gue ngerti maksud dari "hati-hatinya" tetapi kalo kata "aja" nya itu loh.. yang buat gue dugser pengen dugem. Akhirnya beres cap passport gue ke Gate 3 yang gue ngerasa lagi safa dan marwah, jauh banget gate nya !

www.lunarv2.com - Nunggu Boarding Pesawat
Pesawat gue berangkat jam 14.30 dan berhasil mendarat dengan selamat di KLIA2, markasnya Air Asia ! okeh cari imigrasinya dulu rupanya sama kayak di Indonesia sepi banget, gue masuk ke Foreign Passport karena pas gue cari jalur Asean kagak ada. dengan santainya tanpa pilih-pilih gue kasih Passport ke petugas imigrasi Malaysia dan Cap ! Hahaha ! Malaysia I Came !


www.lunarv2.com - Sampai di KLIA 2
Pertama gue keluar cari Wifi Gratis, Tempat Tidur, Charger Station, Water Tap, Toilet, Mushola dan FoodCourt dan semuanya ketemu. Beres dari semua hal manusiawi gembel tersebut langsung gue nyari pintu keberangkatan biar gak pusing pulangnya tepatnya ada di Lt.3, "udah deh tenang" kata gua lanjut tidur di dekat pintu keberangkatan tepatnya lantai atas.

"Goooooooollllll!!!!!!"
"Goooolllllll"
"Buset berisik apa nih ?" gue bangun

www.lunarv2.com - Nobar Piala Dunia 2018 di KLIA2
Gue samperin orang-orang tuh, tadinya mau gue gampar tapi gue sendirian dan pas gue liat ternyata Final Prancis lawan Kroasia ! Aseeeekkkk nihhhh.... akhirnya gue ikut-ikutan berisik gangguin orang yang lagi tidur. Beres itu gue kena karma jadinya gak bisa tidur gara-gara ada pembangunan toko jadilah gue pindah ke lt.2 dan Pas bangun udah jam setengah 7 ! anjir ! gue liat jendela luar tapi kok masih gelap ya ? kayak jam 5 gitu. Udah mandi, beres-beres dan makan roti yang gue bawa dari Indonesia gue lanjut ke bagian terminal bandara buat beli Karcis buat lanjut ke KL
www.lunarv2.com - Tiket Bus KLIA2 ke KL Sentral
~

Bis mulai melaju dan masuk Tol ke Kuala Lumpur yang gue rasain adalah kayak tol Cileunyi-Padalarang ! gak beda jauh. *Jesssss...* bis sampe di terowongan gelap yang rupanya itu KL Sentral, naik ke lantai atas buat naik kereta ke Batu Caves dan waaaaahhhhh.... luas banget ! itu tempat udah kayak stasiun didalem mall, nyari tempat beli tiketnya ternyata di mesin, gue pilih tujuan Batu Caves dan *kluntung... kluntung... kluntung...* ,

"Apaan nih ?, ini mah koin plastik !"

Ternyata itu koin buat masuk ke gate MRT, LRT dll. *Teeeetttt !!!!* pintu kebuka saat gue tap koin plastik tersebut di gerbang masuk.

"Idih aneh bener.." gue heran.

Karena gue bingung tentang rute keretanya, akhirnya gue tanya ke orang tentang rute tersebut, ternyata yang gue tanya pasutri dari Padang ! Yah akhirnya gue ikut gabung ke Batu Caves karena mereka juga sama mau kesana.

Sampe di Batu Caves yang pertama gue liat adalah patung di film krisna dan yang kedua gue liat adalah banyak monyet ! jalan lagi kedepan, tadaaaa.... patung Emas Dewa Murugan setinggi 42,7 meter berdiri tegak dihadapan gue, dengan banyaknya merpati berkeliaran di lapangan depan Patung emas itu. Lumayan lama gue berada di Batu Caves karena sambil nunggu Checkin Hostel yang masih lama jam 2 dan pada saat itu masih jam 12.
www.lunarv2.com - Batu Caves
Akhirnya nyampe juga nih gue depan patung emas yang mengkotak-kotakan kaum gembel kayak gue ini ! Karena kami bertiga udah mulai laper jadinya gue ikut ke Hotel temen gue yang dari Padang tersebut yang berada deket sama KL Sentral sebelum ke Hotel ada yang ngejual makanan samping jalan karena kita bertiga udah lapar gak karuan jadi makan disitu. 
Mana yang murah yaaaa ? oh itu ada 7rm

"Bang ! woy bang ! gue pesen yang 7rm nih !" 
"What ?" dia bingung
anjir gua lupa orang india di Malaysia kan kebanyakan gak bisa bahasa melayu apalagi Indonesia.
"i want this food, okay !" kata gue
"okay, yes.. and you ? tanya pelayan ke temen gue
"i want fried rice"
"okay, wait minute"

Depan gue ada kakek-kakek melayu yang lagi makan dia bertanya pada gue tentang dari mana asal dsb, selanjutnya iya ngobrol pake bahasa melayu yang gue gak ngerti tapi gue ngangguk-ngangguk aja biar cepet kalo kata orang Indonesia mah.. dan pada akhirnya gue dikagetkan dengan bill yang gak sesuai dengan harga di banner warung tersebut !

"alamak 9rm !, mahal amat !" 
"gue juga kena charge" kata temen gue

gue ngelamun sepanjang jalan dan gue penasaran sama kata kakek-kakek tadi, karena temen gue yang dari Padang tuh pernah tingal lama di Malaysia jadi ngerti bahasa melayu, gue tanya tentang obrolan dari kakek-kakek melayu tsb.

"Kakek tadi ngomong apa sih ?"tanya gue bego
"tadi dia ngomong, dia kena Charge juga.. hati-hati kalo makan di samping jalan kayak gini suka banyak scam terutama orang india, juga malem-malem jangan pergi sendirian ke tempat sepi soalnya suka ada yang malak biasanya orang-orang india"
"Lah tadi gua ngangguk-ngangguk ternyata dia ngomong gitu ? aduh bego banget gua ya ? pantesan gue pesen yang 7rm bill nya 9rm jadi 2rm charge ya ?, hadeuh sotoy yang ada nih.." gua merasa beneran bego.

Hotel temen gue yang dari Padang nih bagus, beda sama gue yang tinggal di Hostel Dorm 1 kamar 12 Orang tapi gue ngejar murahnya yang penting merem, ada sarapan dan bisa mandi udah cukup. Setelah gue nyimpang di Hotel kawan gue lalu lanjut ke Pasar Seni naik Grab, kita nunggu deket Allianz Building tak lama setelah nunggu ada mobil sedan vios datang, keren ! Grab disana keren-keren anjir beda sama yang di Indonesia, karena Pasar Seni deket jadi gak lama buat nyampe nya pedahal gue masih pingin nyantai-nyantai di mobil mewah orang Malaysia.

"5 Rm ya ?"
"Makasih, hati-hati ya"

Itu kata "ya" nya ngebuat gue makin waspada karena tadi kena Scam pas makan ! gue ngerti maksud kakek-kakek yang waktu itu ngasih tau di bandara, hadeuh Malaysia gini amat sih, kejam buat Backpacker. Sebelum ke Pasar Seni gue Check-in dulu di Hostel Raizzy's yang friendly buat backpacker kere kayak gue.
www.lunarv2.com - Raizzy's Hostel
Diliat dari luar sih kayak yang gembel gitu ya, tapi pas masuk beuh.. udah friendly, nyaman, dingin dan pokoknya jempol dari gue. Lalu lanjut ke Pasar Seni nganter istri kawan gue mau beli oleh-oleh, di tempat oleh-oleh tuh suka ada tester apalagi oleh-oleh coklat, lah gua mah beli kagak makan tester sampe kenyang iya, tadinya mau dibungkus berhubung yang jual orang Cimahi, halah.. Cimahi euy...  

www.lunarv2.com - Central Market 1888
Tempat mencari oleh-oleh di Kuala Lumpur selain dari Kasturi Walk dan Petaling Street
www.lunarv2.com - Toko Coklat di Pasar Seni
Udah beli oleh-oleh buat sekampung lalu lanjut keliling Kuala Lumpur lagi, mulai dari ke Kasturi Walk, Petaling, MUD KL, Masjid Jamek dan Dataran Merdeka, sampe sore kita keliling KL dan akhirnya berpisah di Dataran Merdeka karena mereka mau pulang besoknya dan gue masih lama di Kuala Lumpur, gue balik ke Hostel buat mandi juga istirahat sebentar.
www.lunarv2.com - Kasturi Walk
Gak bakal bingung kalo nyari Kasturi Walk soalnya terletak samping Pasar Seni
www.lunarv2.com - Petaling Street
www.lunarv2.com - Masjid Jamek
Karena malemnya temen gue istirahat gue nyari temen buat pergi ke Menara Kembar sama KL Tower dan kebetulan gue ketemu bule yang baru datang namanya Maria dan Hana dari Spanyol, mereka backpacker kelas berat ! tas nya aja berat segede bagong, gue aja kalah. Gue berbincang dengan mahirnya dan mereka ternyata dari beberapa negara sebelum ke Malaysia yang sebelumnya habis dari Kamboja yang akan dilanjut ke Indonesia (Yogyakarta, Bali, Gili NTB), gue mencoba ngajak mereka ke Menara Kembar dan ternyata mereka juga mau kesana dengan tujuan makan di puncak gedung

"What ? Are you Kidding ?" Sontak gue loncat indah
"Yes ! Are you so to Join?" Ajaknya
Gak ! Gak ! Gak bakal ! lu aja deh gue gak punya duit buat makan di puncak sana !
"Oh, No Thanks. I'm no have money, hehe.."
Jadinya gue yang ngajak dan gue juga yang nolak, banci ! ya gimana lagi, mereka mah mau foya-foya di puncak Petronas Tower.

Di Dorm gue ada anak dari Malaysia yang entah tak tau lagi ngapain dan gue ajak buat keluar malem tapi dia jawab "jadwal mainya mulai dari besok" lah pedahal dia bareng check in kamarnya bareng gue dari siang gak main gue liat tuh ! gapapa lah ngapain juga ngurusin yang gak mau, jadinya gue berangkat sendiri ke Menara Kembar dari Stasiun Pasar Seni ke KLCC dengan harga 1.6rm dan gue keluar di dalem mall daerah KLCC, jalan sedikit tadaaaa... menara kembar udah didepan mata. Lumayan rame pas gue kesana, ada air mancur juga didepan menara kembar, udah akhirnya gue melepas penat depan menara kembar.
www.lunarv2.com - Menara Kembar Petronas

www.lunarv2.com - Si Gembel yang akhirnya nyampe KL
Karena bosen akhirnya gue keliling ke taman gelap, banyak orang lagi mojok di taman gelap dan gue malah mojok di hati seseorang *ah basi kambing !*, beres jalan-jalan gue rada linglung gak kuat ngantuk ampe lupa jalan pulang, parah mana gue sendiri lagi tapi akhirnya kuat-kuatin aja hingga nyampe juga di Hostel.

Day 2


www.lunarv2.com - Pagi di Raizzy's
Hoammmmm.... "jam berapa nih, hilih masih jam 5, solat subuh dulu dah..."

karena gue tipe backpacker penikmat jalan-jalan yang gak terpaku pada itinerary jadinya dilanjut tidur lagi. Gue bangun lagi jam setengah 9 dari bawah duo cewek bule Spanyol udah kemas-kemas dan..

"hai matul, i'm go to next trip, nice to meet you !" katanya sambil liatin gue yang baru bangun tidur.

jam segini udah pada berangkat, gue lupa minta kontaknya ! ah asem. Di lobby udah ada roti, kopi, teh dan lainya tapi gue nyari nasi timbel kagak ada, yaudah roti bakar dulu aja deh.. sambil baca koran Malaysia yang isinya "nye.. ape... iyekeh..." ah buset gak faham, gak lama udah itu ada yang nyapa yaitu orang Indonesia gue berbincang dan dia Mang Fahmi dari Cianjur, dia pertama ke Malaysia lewat Singapura pake jalur gaza darat dengan istri dan anaknya yang baru 6 Bulan. Karena sama orang Sunda jadinya ngobrol ampe siang jam 12, dia hari terakhir di Malaysia dan katanya  dilanjut ke Batu Caves, karena gue udah pernah kesana juga rencana gue ke Genting Highland hari itu jadinya gue berangkat sendiri ke Genting Highland.
www.lunarv2.com - Pasar Seni MRT & Monorail
Dari Stasiun Pasar Seni gue ke KL Sentral dulu yang berjarak 1 pos dan naik Go Genting dari sana dengan harga 4.30rm, murah ! beda sama makan ! kena tipu mulu, sue ! kebetulan pas kesana gue duduk sama bule yaitu Abu Haidar panggilan Dableh dari Syiria dan gue ngobrol panjang lebar juga belajar bahasa inggris yang bener selama di bis.
www.lunarv2.com - Sentral Bus KL (KL Sentral)
Dia kuliah di KL dan udah lulus tahun 2015, sekarang dia kerja di Malaysia. Ya jadinya gue ada temen sengklek lagi buat jalan-jalan. Perjalan memakan waktu 1 Jam ke Genting, *jesssssss* bus sampe di terowongan lagi yang merupakan tempat berangkat kereta gantung, setelah turun gue ama dableh antri buat beli tiket yang one trip nya 7rm dan gue beli pp biar gak ribet. Kayaknya kosong nih ! pikir gue sambil naik eskalator ke lantai 3 dan tadaaaaaaaa..... panjang banget antrianya... !!! ada gue nunggu 1 jam buat naik kereta gantung saking panjangnya, pedahal dateng pas bukan lagi High Seasson atau Weekend tapi aduh.. pegel gue berdiri ngantri.

www.lunarv2.com - Antrian Cable Car yang Panjang
Karena gue sabar akhirnya dapet juga kereta gantungnya, yang setiap kereta berisi 8 orang. Kalo dipikir-pikir murahan disini daripada di Ancol yang pendek. Kata si dableh sih kalo pagi sebelum jam 10 suka ada awan sekitar bukit, mungkin kalo di Indonesia maksudnya kabut. Karena siang kesananya jadi ya gue gak nemu yang namanya Cloud. Lumayan lama di kereta gantung karena jaraknya yang panjang. *ngiiiiikkkkkkk* kereta berhenti ditengah, liat kebawah ternyata jurang dengan hutan yang luas.
www.lunarv2.com - Pemandangan dari Cable Car
"Aduh apaaan nihh... ?" Gue heran.

Gak lama setelah itu maju lagi, ngapain berhenti dulu ya ? ambil ancang-ancang kali ya ?
Puncaknya terlihat dengan banyaknya bangunan serta gedung berwarna putih tetapi bukan gedung putih Washington.*ngiiiiiiiikkkkk* kereta sampe dan otomatis pintunya terbuka sendiri, gue keluar sambil loncat biar keliatan keren sama yang ngantri.

"bang jalan sini kalo nak keluar" kata penjaga

Idih gue salah pintu keluar.

Tujuan Pertama gue sama si Dableh adalah Casino ! langsung aja deh capcus ke lantai 3 bleh.. dann.. terlihatlah Casino De Hollywood, anjir hollywood sebelah mananya ya ? gapapa deh asal bukan bollywood aja. Gue dengan pedenya masuk bareng si Dobleh dan gak lama setelah masuk.
www.lunarv2.com - Casino Genting Highland
"Sorry sir I want to see your passport" kata petugas
gue berbalik sambil mode cool
"oh yes, this my passport, woy leh come here !" si dobleh malah nyelonong dan gue panggil biar balik.
pertama petugas cek passport merah si dobleh dan pass bisa masuk, lalu giliran passport hijau gue lumayan lama diliat, apa pengen minta tanda tangan ? atau minta nope gue ? kalem aja deh gue mah saudagar Ciamis.

"Sorry sir you are not old enough and must be 21 years old" katanya
"What ?" gue kaget
buset kurang 2 bulan aja gak bisa masuk ! dan kekeuh harus 21 tahun, yaudah deh..
"Nice too met you bleh" karena si dobleh bisa masuk dan tetep masuk.

Jadinya gue main sendiri lagi di Genting, gak sengaja gue liat keluar dan banyak kabut. Nyari pintu buat keluar gedung pas keluar dingin banget ! udah kayak di film-film sahara. Wah keren juga nih ! kata gue. Jalan-jalan sekitar Genting Not Bad sampe akhirnya gue laper dan memutuskan buat balik ke KL. Balik lagi ke tempat pembelian tiket karena loket Go Genting buat ke KL ada disana tapi pas ngantri gue ngedenger bahasa Indonesia lewat ke kuping, ternyata dari kumpulan cewek muda depan gue, sontak dong gue tanya.

"Dari Indonesia ya Mbak ?" tanya gue
"Iya" jawabnya
"Asal dari mana ? lagi liburan ?" makin penasaran gue
"Dari Bandung, enggak lagi Cuti" katanya

Dan dari situ gue aja yang nanya, coba tanya kek gue..
"bang lagi ngapain ?", "bang kuliah ?", "asal darimana ?", "mau gak jadi laki neng?" atau apa kek ! ini mah diem-diem bae pedahal sama ketemu orang Indonesia, idih sombong banget baru juga jadi TKW di Malaysia apalagi kalo jadi TKW Kelas A di Dubai kebayang dah jadi songong permanen pikir gue. Giliran gue beli tiket namun ternyata adanya jam setengah 5 buat balik ke KL dan saat itu baru jam setengah 4, yaudah gpp deh. Tiket dibeli dengan harga 4.30rm, jalan ke bawah lalu nyasar soalnya gak tau tempat nunggu bus nya dimana, nanyain lagi ke tempat tiket, ternyata tempat tunggunya ada di basement parking dengan cara naik lift kebawah lalu ada tempat nunggu bus. Gak lama juga nunggu 1 jam sih tapi kalo laper berasa lama banget, pas mau naik ada si Dableh dateng, ya pastinya beda bus ama gue jadi gue berangkat duluan.

Sampe KL Sentral nyasar dulu di Mall nya gara-gara nyari Foodcourt tapi gak ketemu, tapi karena laper ya mau gimana lagi ? masa nyerah ? lanjut ke Lt.3 ternyata ada Quizinn Foodcourt akhirnya deh... ada nasi ayam geprek, makanan thailand, makanan india, dan gue nyarinya makan ayam yang murah harganya 7.30 rm, semurah murahnya di Foodcourt pasti enak makananya daripada gue makan samping jalan lagi ntar kena Scam lagi, males kan. Harga segitu isinya Nasi Putih, Ayam Goreng Nasi Kandar, sama Sop. *slurrrpp* beuh.. enak banget Sop nya ! apa gue lapar kali ya ? Habisin lah kalo lapar mah beli lagi aja.

www.lunarv2.com - Happy Chicken Rice
www.lunarv2.com - Chicken Roasted
Pokoknya ini tempat Recommend buat makan kalo lagi disekitaran KL Sentral ! udah murah, enak, banyak, tempatnya bersih pula. Beres makan balik ke Hostel buat mandi, nongki-nongki di lobby sambil youtuban. Jam 8 malem gue merasa bosen dan pengen jalan-jalan, "alor bagus kali ya ?" beresin barang langsung ke alor, sampe disana gue denger lagu *emang lagi syantikkkkk !!!* alamak, di tempat gini juga ada lagu gituan ! bosen gue udah denger dari Indonesia, Ringtone orang Malaysia pas di Bus, lagu di Bus, lah sekarang dari mana nih ? gue bingung, pas ditelusuri banyak orang bergimbung ! mulai dari bule ampe orang lokal.. eh.. taunya Live Music jalanan pas di persimpangan Bukit Bintang, jauh-jauh lagunya sama aja.
www.lunarv2.com - Live Music Bukit Bintang
Gue tinggalin dulu deh lanjut ke Alor dulu, sampe alor ternyata emang bener rame, banyak orang dan tukang makanan berjejer, gua mah jalan-jalan doang soalnya masih kenyang tapi beres jalan-jalan di Alor
www.lunarv2.com - Alor Street Food Attraction
Gue penasaran sama Live Music tadi jadi kesana lagi, eh baru juga sampe udah lagu Jaran Goyang, ini lagu Indonesia semua kayaknya nih.. gue sampe malem nongkrong di Live Music yang lagunya campur-campur dan balik dari bukit bintang jam 11 malem lanjut molor di hostel.


Continued to part 2 - Pengalaman Backpacker Sendiri Ke Malaysia Dengan Berbagai Kekonyolan, Kebodohan dan Penipuan (Bagian 2)


20 comments:

  1. Wah.. Jos banget dolannya.. Sendiri ke luar negeri..
    Pengen bisa seperti itu kapan-kapan.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. iya mas, ternyata luar negeri itu tak semahal yang dikata orang. Cobain mas, mumpung masih muda. Haha..

      Delete
  2. rammeee bueet ketemu orang indo disana ya, wahh ternyata penipuannya dalam bentuk charge ya,,, yah mending mkan di foodcourt deh kalau pilihannya begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mending makan di foodcourt, udah enak.. nyaman lagi.. ada lagi beberapa penipuan jenis lain dan nanti dibahas di Bagian 2 nya.. tunggu aja ya lagi process :D

      Delete
  3. Seruuu solo travellingnya ke Malaysia ..
    Ternyata lagu-lagu Indonesia populer juga disana 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, saya juga gak tau kenapa lagu Indonesia begitu populer disana. Yang ada jadi rindu kampung halaman.

      Delete
  4. Wesss berani ya travelling sendirian. Kalau saya nggak berani. Soalnya spatialnya jelek jadi suka takut nyasar hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Percaya aja Traveling sendirian itu lebih menyenangkan mbak.. tapi kalo pas sampe tujuan pasti nyari temen kok buat jalan-jalanya.

      Delete
  5. Seru ya masih berjiwa bebas.. saya sudah ciut nyali keluar jauh :( mental cuma di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Percaya deh mas, awalnya juga saya anak rumahan yang gak suka keluar rumah dan takut sama lingkungan asing. Tapi coba deh sekali Backpacker sendirian, lambat laun bakal ketagihan dan jadi punya jiwa bebas.

      ~cmiwwwiiww....

      Delete
  6. Seru banget ceritanya.
    Bisa keliling luar negri..
    Semoga bisa kesampean juga, aamiin..

    Btw, kesana sendirian doang ?
    Keren sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Makasih gan, Iya gue doain biar bisa deh keliling dunia, aamiin..

      Iya sendiri gan, pengenya sama Pacar tapi gak punya...

      Delete
  7. wah asyik ya bisa jalan2 sendiri kalau aku gak nyaman kalau hanya sendiri gak ada teman ngobrol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga, tapi temen ngobrol bisa dicari sembari perjalanan, cmiwiw...

      Delete
  8. Boleh juga pengalaman solo traveling ke Malaysianya. Sayang banget masih baru Indonesia doang kalo gue hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalem aja ntar juga bakal sampe ke Malaysia. Yang penting ada niat..

      Cmiwiiiwww...

      Delete
    2. amiin... ini juga mau niatin ke Jepun hahahahaha

      Delete
    3. Nah sip... gue juga sama soalnya belum pernah kesana, haha..

      Delete