Bawa Tongsis Sama Tripod Ke Kabin Pesawat ? Boleh Gak ? - LunarV2 Trip

Thursday, 8 November 2018

Bawa Tongsis Sama Tripod Ke Kabin Pesawat ? Boleh Gak ?


Dilema yang sering dialami Solo Backpacker pingin foto-foto kece tapi gak ada yang fotoin, nyari yang mau fotoin tapi hasilnya suka fail. Dilema kan ? *kagak ah biasa aja*. Yang ngomong biasa aja cobain lu Solo Backpacker sana...

Biasanya Solo Backpacker yang berorientasi untuk tujuan konten biarpun sebarapa beratnya tripod pasti bakal dibawa apalagi untuk pembuatan videography, tapi sampai saat ini gue belum nyoba jadi full travel videography jadi kurang tau tripod bagus dan dibawa harus yang bagaimana, yang gue tau yaitu gimana caranya gue bisa foto sendiri tanpa bantuan orang lain, tongsis jawabanya !

Kebanyakan Backpacker itu kalau pesen pesawat gak pake bagasi ! udah jelas lah apa maksudnya, kalo gak punya duit ya berarti lagi ngirit, udah gitu aja backpacker mah. Karena sampai saat ini gue gak pernah nitipin barang di bagian bagasi pesawat meskipun udah ada include di penerbangan tersebut, alesanya ya karena gue cuman bawa backpack doang kalo jalan-jalan. Nah permasalahnya timbul dari itu, ada aturan bahwa tongsis, tripod atau logam panjang lebih dari 5 cm dilarang dibawa masuk kedalam kabin, lah kok kabin ? iya, kan ini cerita tentang gak beli bagasi tapi pengen bawa tongsis. Nah dari aturan itu kebanyakan orang menjadi bingung tuh, apakah boleh bawa tongsis atau jangan dan itu termasuk gue sendiri (awalnya). Banyak cerita bahwa tongsis sering disita dibagian pengecekan bandara karena merupakan logam panjang yang melebihi 5 cm, terkecuali tongsis dimasukan ke bagasi pesawat. Kadang gue juga bingung tentang aturan itu karena dibeberapa bandara di Indonesia masih meloloskan barang tersebut.

"Tapi kan gue cuman bawa backpack doang, masa iya tongsis satu harus masuk ke bagasi ? tanggung amat.."

Nah dari itu gue ngakalin buat bawa tongsis ke kabin. Terlepas dari obrolan aturan yang berlaku nih dan gue enggak sama sekali ngajarin kalian bawa tongsis ke kabin pesawat dan jika iya resiko tanggung sendiri soalnya kalo tanggung rame-rame mah repot.

Selama gue backpackeran kemana-mana selalu bawa tongsis sama tripod dan gak pernah disita petugas bandara atau maskapai, gimana caranya ? yang gue bawa adalah tongsis yang harganya 15rb-an, tau kan ? yang suka ada di abang-abang pinggir jalan. Iya, itu yang gue bawa, soalnya kalo bawa yang gede lumayan nyesek kalo disita, nah kalo ini disita ya nyesek juga tapi gak senyesek yang harganya 50rb keatas, tipis emang tongsisnya juga kurang mantep kalo dipake tapi ya daripada gak ada sama sekali. Dan selama ini lolos terus.

Tongsis - www.lunarv2.com
Selain itu gue juga suka bawa tripod tapi yang mini, karena yang dilarang adalah membawa tongkat metal panjang lebih dari 5 cm maka gue inisatif beli tripod mini yang dari plastik.

Tripod Mini Plastik - www.lunarv2.com

"Dimana belinya ?"
"Di Bukapalak juga banyak !"

Tripod itu juga selalu lolos tahap pemeriksaan, setiap perjalanan gue selalu bawa dua barang itu dan aman aja. 

"Bang gimana kalo backpackeran ke luar negeri ?"

Beberapa kali ke luar negeri dan aman aja, yang penting tripod dan tongsis dimasukan ke backpack pas naik pesawat. Jadi jangan selfie-selfie didalem pesawat pake tongsis, itu mah cari penyakit namanya. Nah itu pengalaman gue selama backpackeran dan bawa tongsis sama tripod ke kabin pesawat. Disini gue cuman sharing aja dan ngak sama sekali ngajak atau ngajarin kalian buat ngelakuin ini. Kalo pun mau bawa resiko tanggung sendiri. Yang penting niatnya aja buat kebaikan dan bukan buat cari ribut, udah gitu aja. Jadi sebenernya boleh gak bawa tongsis atau tripod ke kabin ? Silahkan simpulkan sendiri.

CMIWIWW..


2 comments:

  1. Keren tripodnya unyu, berapa duit bang boleh tau? :-S

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. itu Tripod harganya 20.000, pas ada presale di Bukalapak. Tapi tadi juga sempet liat flashsale tripod itu di Bukalapak.

      Delete