Salah Penempatan Given Name Saat Booking AirAsia, Perbaiki Atau Jangan ? - LunarV2 Trip

Saturday, 4 August 2018

Salah Penempatan Given Name Saat Booking AirAsia, Perbaiki Atau Jangan ?

Euforia gue sekejap menghilang gara-gara salah input Given Name AirAsia. Kalo salah input Nama, Tanggal Lahir atau Jenis Kelamin sih wajar dan udah jelas itu disebut salah ! nah ini salah nempatin nama doang di Given Name AirAsia, tanggung ? iya pake banget ! tanggung banget mau dibenerin juga, mana dapet kursi gretong lagi ! Waaaa... Tidak... ! Mampus gue kalo hangus gara-gara salah tempatin Given Name. Masalahnya gue punya 3 suku kata yaitu RIZKI RAHMATULLOH SUKMANA (biar jelas) dan di form untuk input nama cuman ada 2 kolom yaitu Given Name atau nama depan dan Surname atau nama belakang karena nama gue 3 kata jadi bingung kan ? dan gue masukin nama depan di Given Name dan nama tengah serta belakang di Surname yang gue rasa itu salah.

Sebelum ngisi Given Name sih emang udah ragu antara nanya dulu ke Forum atau langsung isi, tapi si waktu menyandra kursi gratis gue yang mana kalo gue nanya dulu di Forum belum tentu langsung ada yang respon dan bisa jadi kursi gratis alias gretong gue ilang, tapi kalo gak nanya bisa ilang juga kursi gratis gue ! jadi bisa dibilang antara ada dan tiada deh. Yang akhirnya gue lebih memilih nyelametin pacar *ups maap dampak maming* Tiket Gretong. Permasalahanya kursi tinggal 1 dan jatuh di tanggal yang pas banget !

Akhirnya gue tang ting tung aja moga-moga bener dan setelah dibayar gue penasaran tentang memasukan Given Name yang benar pada AirAsia, tanya di Forum dan ternyata ? gue salah nempatin Given Name ! Ya allah ! Setelah itu karena gue berharap ada yang membela gue tentang kesalahan ini maka gue nyari informasi lagi di tiap Forum, Website dan Call Centre. 

Pertama cari jawaban di Forum

 

  

Dan akhirnya masalah gue makin membingungkan karena malah banyak argumen antara biarin dan benerin ! dan ada yang debat juga. Gak menemukan jawaban yang pasti dari Forum maka akhirnya gue searching lah di google. 

Kedua cari jawaban di Website



Dan nemu blog yang membahas tentang kesalahan input nama di form booking  AirAsia, coba nanya di blog yang mungkin Authornya gendut karena namanya Omnduut. Dan gue dapet pencerahan di Blog ini, hampir setengah kegalauan gue ke dia* hilang, tapi rasa was-was masih ada nih 50% lagi. dan gue pun udah lumayan tenang tetapi nyari lagi deh pencerahan.


Ketiga cari jawaban dengan Telpon langsung CS

Kalo yang ini gak ada gambarnya, ya iya lah orang gue nelpon gimana Screen Shoot nya. Pertama gue hubungi nomor telepon Hotline 0804-1333-333 yang mana pas gue telpon sibuk mulu isinya, ah sue ! Gak nyerah disitu langsung gue nelpon lagi ke nomor lainya yaitu 021-292-70-999 yang mana gue duga ini nomor kantor, sedangkan gue gak punya telepon rumah dan akhirnya gue paketin dulu pulsa gue. Tapi ternyata sama aja malah sulit dihubungi, ah kecemasan nambah deh jadi 65%

Keempat cari jawaban dengan Chat langsung CS lewat FB



Nah kalo ini gue dicampakan, sampe artikel ini diterbitkan gue GAK DIJAWAB ! lebih parah daripada dicampakan gebetan ! males kan akhirnya gue, cari lagi aja deh...

Keempat cari jawaban dengan Chat langsung CS lewat Twitter

 

Awalnya gue bingung sama Akun AirAsia yang mana sih buat nanya ? dan akhirnya ketemu yang ada ceklis biru, berarti udah verif nih. Gue coba tanya tentang kegalauan gue kepada si dia, dan selang beberapa menit eh dijawab ! Fast Response Banget ! Pedahal ini akun Support Global tapi cepet banget jawabnya. Dan Subhanallah ! Jawabanya buat gue ceria lagi bagai Teletubbies belum makan ! Akun AA menjawab tidak akan ada masalah jawabnya. yaudah deh gue biarin aja tiket gue gak dibenerin dan kegalauan gue turun menjadi 5%, rasa takut tetep ada donggg.... namanya juga traveling, kejadian tak terduga selalu ada.

Hari-H (D-Day)

Hari keberangkatan gue coba ke Counter AA dan ternyata gak masalah sama sekali, kegalauan gue turun jadi 2,5% kenapa masih ada ? kan gue belum pulang ! dan pas pulang juga gak dipermasalahkan pedahal gue berada di markas AirAsia yaitu KLIA2 yang terbilang Cermat kalo soal tiket, berarti gak apapa dong !!! yang akhirnya kegalauan gue hilang !

Jadi intinya, cara pengisianya itu adalah jika lu memiliki 3 kata dalam nama maka isi Given Name dengan nama depan dan tengah lalu Surename dengan nama Belakang lalu kalo lu terlanjur salah isi Given Name dan kasusnya persis kayak gue, maka gak usah panik diemin bae, ngopi-ngopi bae lah.. gak akan jadi masalah kok, tapi perlu diingat, salah dalam penempatan doang kalau salah dalam Spelling atau Ejaan mau gak mau harus telepon dulu CS AA lalu email AA ke Indonesia-suppdoc@airasia.com sesuai intruksi di telpon nantinya. Jangan lupa juga bawa duit lebih jikalau kena apes, karena traveling itu penuh dengan misteri.

10 comments:

  1. Haha, selalu ada cerita di balik sebuah perjalanan ya. Alhamdulillah ternyata jawabanku gak ngaco buahaha, karena emang sepengetahuanku dan sepengalamanku seperti itu.

    Jadi, siap ngebolang ke mana lagi nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha.. Perjalanan kemaren selain buat memanjakan kebutuhan buat traveling juga mau membuktikan bahwa bookingan kalo gak diperbaiki juga gak akan jadi masalah, dan benar ! mantap nih feeling mas omnduut, haha..

      Indonesia kayaknya keren juga mas, haha..

      Delete
  2. ...akhirnyaa ..., terbang juga dengan nyaman, setelah mumet mikirin takut salah penempatan nama di kolom givenname dan surname 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih bang Himawan, ternyata beres juga tanpa ada kendala apapun, alhamdulillah.. hehe...

      Delete
  3. Aku jg pertama kali bingung kalo ngisi kolom isian nama soalnya cuma satu doang wkwkwk,
    Tapi yang penting bisa terbang nyaman menuju traveling hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu yang penting, jelas banget..

      Delete
  4. Lah itu jelas di atas textbox nya ada tulisannya Given name (first & middle name) ngapain pake bingung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mode Guest, kalo misalkan kita login Big Member gak ada instruksi gitu mas..

      Delete
  5. Sedikit banyak kita juga harus ngerti bahasa Inggris...hehehe

    ReplyDelete