Gunung Susuru - Bukit Dengan Situs Bersejarah - LunarV2 Trip

Sunday, 19 February 2017

Gunung Susuru - Bukit Dengan Situs Bersejarah



       Jika kalian berkunjung ke daerah Kab. Ciamis pastinya ingin mencari sesuatu yang khas dari daerah ini, banyak sekali hal yang khas dari daerah Ciamis, namun yang paling populer adalah makanan yang bernama Galendo, nah disamping itu juga Ciamis memiliki tempat yang tidak kalah menarik dari makanan tersebut. Namun kebanyakan tempat-tempat tersebut jarang diketahui oleh pendatang, karena jarangnya di posting di internet, publikasi yang sedikit, serta kurang juga hal-hal lainnya. Tapi kalian yang masuk ke Web ini bersyukurlah, karena saya disini akan memperlihatkan indahnya tempat Pariwisata di Ciamis.
       Tempat yang masih dapat dibilang perawan, atau jarang dikunjungi oleh Wisatawan adalah Gunung Susuru, ini merupakan bukit hanya saja namanya Gunung Susuru, tempat yang terletak di daerah Cijeungjing - Bojong ini merupakan tempat yang dijaga oleh pemerintah. Jika dilihat dari segi kebersihan tempat ini telah mengalami perkembangan, karena saat saya menginjak kelas 3 SMA tempat ini bersih namun tidak tertata, tetapi sekarang berubah menjadi sangat bersih dan tertata.
       Untuk kendaraan menuju tempat tersebut kalian bisa menggunakan Carry (kendaraan mini bus) yang menuju Kota Banjar, bisa juga menggunakan Bus 3/4 atau Bus Besar yang menuju Kota Banjar dan Pangandaran karena daerah Bojongmengger akan terlewat oleh kendaraan tersebut. Patokannya mudah tinggal bilang saja ingin turun di Stasiun Bojong, Nah dari tempat tersebut bisa menggunakan jasa ojek ke tempat tujuan.

Depan Stasiun Bojong
Nah gambar ini tepat berada di depan stasiun Bojong, kalian bisa lihat plang warna hijau, itu merupakan plang situs Gunung Susuru. Ikuti jalan tersebut sampai menemukan kembali plang tersebut di persimpangan selanjutnya.
Jalan menuju Situs
Jalan yang terbilang bagus memudahkan ke tempat tujuan.

Persimpangan menuju Gunung Susuru
Terlihat plang warna hijau, itu merupakan arah menuju Situs tersebut. Kalian tinggal lurus saja terus sampai tempat tujuan.

Plang Arah
Jarak tempuh sekitar 3,2 kilometer, melewati perkampungan dan kebun.

Ambil Jalan Lurus

Kebun Warga

       Untuk perjalanan, jalan yang dilewati terbilang sudah bagus dan dari jalan utama masuk sekitar 3,2 Kilometer, gak terlalu jauh. Untuk tiket masuk kemarin saya survey tidak dikenakan biaya masuk, namun jika dikenakan pun mungkin tidak lebih dari 10.000/orang. Untuk fasilitas, tempat wisata ini memiliki Mushola yang memadai, Toliet yang bersih, Tempat Parkir yang bagus dan juga Tempat duduk di Objek wisatanya. Kalian dapat melihat Patimuan (bertemunya dua sungai) di tempat itu, lalu melihat perbukitan yang indah. Untuk udara disini terbilang hangat, namun jika telah masuk objek wisatanya akan merasakan sejuknya angin, adanya Situs kuno dan juga jasa Pemandu dari kuncen jika ingin mengetahui lebih lanjut situs tersebut.

Untuk Pict lihat dibawah, agar lebih jelas :

Tempat Parkir
Jalan Masuk

Tangga Menuju Objek
Tempat Masuk Situs
Aturan Resmi Pemerintah
Pemandangan Situs 

Pemandangan gunung

Sungai disebelah Utara

Sungai sebelah Timur

Objek Wisata

Sungai sebelah Selatan

Objek wisata 2

Sungai sebelah Timur
Sebenarnya, tempatnya bersih, tapi sayangnya saya datang setelah hujang angin, jadi ya banyak daun jatuh di tempat objek wisata. Tapi jangan hawatir tempatnya keren kok.

Gimana ? Mau berkunjung ? Mantapp....

No comments:

@lunarv2