Cirahong - Jembatan Tua Penolong Warga - LunarV2 Trip

Monday, 1 May 2017

Cirahong - Jembatan Tua Penolong Warga

   

   
     Backpacker, siapa sih yang tidak tau tentang sasak Cirahong ? , mungkin memang ada yang mengetahui penuh tentang sasak Cirahong dan ada juga yang hanya tau atau pernah mendengarnya saja. Maka dari itu saya disini akan membahas tentang keunikan, indahnya sasak Cirahong serta sejarahnya. Sasak Cirahong terletak di Panyingkiran, Ciamis, Jawa Barat dan Manonjaya, Tasikmalaya, Jawa Barat dengan sungai Citanduy dibawahnya, Tau kan ? kalo gak tau search aja di Google atau pake tuh Google Maps di Android kamu. Berdiri pada zaman kolonial Belanda yaitu sekitar tahun 1893 yang tujuannya menghubungkan antara daerah Tasikmalaya dan Ciamis, lalu sasak Cirahong diperkuat kembali oleh pemerintah pada tahun 1954.
Mobil kecil yang akan lewat
     Dengan telahnya diperkuat sasak Cirahong tersebut maka kendaraan sejenis mobil bisa lewat, tetapi mobil pun dibatas maksimal 2 meter. Nah, untuk konstruksi dari sasak Cirahong sendiri terbuat dari besi baja, yang hampir seluruhnya menutupi konstruksi sasak Cirahong. Untuk panjang sasak sekitar 202 meter. Lalu Jembatan Tua Penolong warga nya sebelah mana ? , jadi gini gan jembatan ini menolong dalam hal akses yang setiap pagi atau sore jembatan ini dakses oleh banyak kendaraan, khususnya warga sekitar yang bekerja di daerah sebrang ataupun anak sekolah yang bersekolah, juga para petani pekerja yang mau bekerja di pagi hari.

Kendaraan yang mengantri masuk
Setelah membahas itu kita membahas tentang keindahannya, capcusss....

     Soal keindahan sasak cirahong tidak kalah indah dari jembatan di luar sana, hehe... Banyak pasangan muda yang pacaran, kecuali gw malem hari di sekitar sasak Cirahong sambil melihat pemandangan apalagi saat Sore hari dan mendekati bulan puasa, banyak lah yang pacaran disana. Lanjut, untuk keperluan Photography banyak spot area untuk berfoto. Yang lebih menarik mengambil Photo saat ada Kereta lewat diatas jembatan Cirahong.
Cirahong dari atas
Numpang eksis gan.. wahaha...

     Untuk melewati jembatan ini dikenakan biaya seikhlasnya, kalo gw suka bayar 1000 aja, dan yang baru pertamakali melewati jembatan ini adrenalin akan terpacu, wahaha... Sok lah cobaan lurd...
     Untuk sampai ke jembatan ini tidak ada akses angkutan kota dari jalan raya tapi tenang aja bro masih ada yang namanya ojek yang paling bayar 5000, kalo dibilang jauh sih enggak tuh dari jalan raya cuman gak ada angkot aja yang kesana. Tapi kalo mau gw saranin lu ikut nebeng aja sama mobil bak biar gretong, backpacker harus berani bro, berani ngirit duit wahaha... Sok buat agan and sis yang belum pernah ke jembatan unik ini langsung aja ke Ciamis dan kunjungi jembatan Cirahong.

No comments:

@lunarv2