Pelatihan Kepariwisataan Goes to Campus ! - LunarV2 Trip

Friday, 25 August 2017

Pelatihan Kepariwisataan Goes to Campus !


     Ini ni yang sebenernya gw tunggu-tunggu pelatihan tentang Kepariwisataan, sebenernya apapun yang bertajuk tentang Pariwisata pasti bakal didatengin sih, ya hobi juga kali ya ? mulai dari pelatihan, event atau promosi pasti gw datengin kalo masih punya duit ada waktu buat ngedatenginnya. Dan kebetulan banget kampus terkece (soalnya kalo tercinta nantinya baper) gw salah satu tempat tujuan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Goes to Campus.. Wehhh... gimana gak kece tuh ?, apalagi dikasih Souvenir Baju, Snack, Makan, Doorprize (kalo yang bisa jawab pertanyaan), Sertifikat Pelatihan sama duit Transport.. Baik banget ya Kementrian Pariwisata jadi pengen Magang disana, hoho... Gak, sebenernya emang hobi gw itu menghadiri acara pariwisata jadi misalkan gak ada hadiah apapun juga gw suka usahain buat dateng, dan ini serius !
     Nah kalo gak dikasih gw dateng apalagi dikasih souvenir hehe... jadi tambah semangat bro.. Jadi gw koar-koar gini sebenernya mau bahas apa sih ? oke, nulis artikel ini emang kemauan diri buat maju in pariwisata Indonesia dan bukan karena disuruh atau endorse cieennn... oleh Kemenpar, bukan bro ! . Nah acara Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Goes to Campus ini dilaksanakan hari Rabu 23 Agustus 2017 bertempat di Gd. Mandala, Universitas Negeri Siliwangi Tasikmalaya dan dibuka untuk mahasiswa kampus sekitar. Acara dimulai sekitar setengah 10 tuh, jadi sebelum itu gw ngantri dulu buat ngambil kaos yang diberikan oleh Dinas Pariwisata, nah dilanjut pilih kursi dan seperti biasa gw suka duduk deket Kipas Angin biar adem..
Panjaaanggg...
Ngantri sambil ngopi euy... -

     Tujuan utama Kementrian Pariwisata melakukan hal ini ialah melihat Mahasiswa sebagai potensi terbaik untuk meningkatkan pariwisata di Indonesia, ya coba lu bayangin aja berapa banyak sih kaum muda atau Mahasiswa yang suka ngetrip terus update di sosmed ? pasti banyak kan ?, dan juga karena Mahasiswa adalah seorang Agen of Chance yang berarti Agen Perubahan yang mampu mendongkrak situasi menjadi lebih baik bro... Jadi menurut gw tuh usaha Kemenpar udah jelas dan tepat karena melibatkan Mahasiswa yang tipikal anak muda yang dilatih untuk meningkatkan kreatifitas dalam industri kreatif contohnya industri kerajinan lokal ataupun promosi pariwisata dengan cara tidak langsung. Nah di pelatihan ini kebanyakan Mahasiswa diberi data-data tentang finansial yang diperlukan, dipakai dan dihasilkan oleh sektor Pariwisata, dalam Pelatihan diberikan salah satu keuntungan dalam sektor Pariwisata salah satunya perkiraan dalam hal perbandingan Devisa :
  • 10 M US Dollar Devisa Minyak Bumi 
  • 17,5 M US Dollar Devisa Pariwisata

Data diatas adalah contoh dalam target Devisa Pariwisata di Indonesia yang hasilnya lebih besar dari sektor Minyak Bumi, menguntungkan sekali memang. Lalu ada lagi sebuah target kepariwisataan di Indonesia pada tahun 2019 nanti yaitu :
  • Wisatawan Mancanegara 20 Juta
  • Wisatawan Nusantara 275 Juta 
  • Peluang Kerja 13 Juta
  • Devisa 240 T
     Dan bagaimana cara mencapai target tersebut ? yaitu dengan meningkatkan tempat Wisata dengan cara membuat kembali ataupun dengan pengembangan yang sudah ada. Lalu diperlukannya transportasi yang menunjang kebutuhan ke tempat wisata serta menambah Penginapan maupun Homestay sekitar daerah Pariwisata. 

     Mengapa lebih ditekankan pada sektor Pariwisata ? karena Pariwisata bagi Indonesia merupakan penyumbang PDB, Devisa dan Lapangan Kerja yang paling murah dan mudah, ngerti ? Jadi intinya Indonesia udah punya modal dari Alam untuk PAriwisata dan kita tinggal mengembangkannya saja tanpa harus membuat kembali. Daya tarik Indonesia yang menarik perhatian Wisatawan dirangkum dalam persentase dibawah ini :
  • 30% Karena Alamnya yang indah 
  • 5%   Kreatifitas
  • 65% Budaya Indonesia yang melimpah dan beragam
     Maka dari itu Kemenpar RI bekerjasama dengan seluruh masyarakat dan mahasiswa dalam mewujudkan target tersebut dengan didirikannya Teori dan Konsep Kemenpar RI yaitu SAPTA PESONA, terdiri dari lima point :
  • Keamanan
  • Ketertiban
  • Kesejukan
  • Keramahtamahan
  • Kenangan
     Lalu ada juga yang perlu dipetekankan pada Mahasiswa untuk meningkatkan Kepariwisataan di INdonesia yaitu Meningkatkan dalam hal Kepemimpinan Mahasiswa karena itu merupakan hal paling dasar yang diperlukan lalu peningkatan melek IT yang mana kenyataanya kita memang hidup di zaman yang berdasar pada IT, dilanjut dengan kemampuan dalam penguasaan bahasa asing dan memang itu merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan Pariwisata. 

     Serius, masih banyak hal lain di Pelatihan peningkatan SDM Pariwisata yang tidak cukup ditulis dalam Post ini. Pokoknya kalo ada di kota kalian mening datang aja lah bro/sist gw juga ngerelain bolos kuliah, ya karna gw pikir males sih masuk kelas ini Pelatihan yang jarang gitu loh.. jadi pilih Pelatihan aja, dan akhirnya gw makin Cinta sama Keindahan Indonesia.

Bonus : 


Mantap Coy

10 comments:

@lunarv2