Traveling ke Singapura itu mahal ? Benarkah ? - LunarV2 Trip

Thursday, 17 August 2017

Traveling ke Singapura itu mahal ? Benarkah ?



          Hemmm... Kalo ngebayangin pergi ke Singapura nya naik pesawat kelas Executive, makan di restoran, nginep di hotel, dan hotelnya itu Marina Bay Sands. Lu gak salah salah amat brada, tapi lu juga harus bisa berfikir dengan konsep Out Of The Box. Why Not ?
     Gini-gini gw tuh mahasiswa kece kurang duit yang hayalannya tinggi dan pinginnya jalan-jalan mulu dan menurut survey mahasiswa yang jalan-jalan mulu itu mahasiswa Jombs cerdas, cerdas di alesan... Tapi gak apa-apa lah yang penting gak melanggar aturan dan HAM. Jujur kalo bicara soal keluar Negeri tuh sebenernya semua orang bisa, tetapi ada hal yang membedakan pada setiap orang yaitu tentang usahanya dan kebanyakan orang itu berfikir tentang duit, duit dan duit. Emang sih kalo ke Luar Negeri itu harus pake duit dan gw nggak munafik terhadap itu. Tapi yang menjadi permasalahan utama disini itu tentang "Niat" , nah kenapa tuh si niat gw kasih tanda kutip dan garis bawah ? karena Biar Gak Kabur itu menjadi hal yang Utama, seberapa kecilnya duit lo tetapi Niatnya yang besar maka peluang sukses nya pun besar, so percaya deh !
     Berapapun duit yang lo punya pasti bakal lo usahain buat bisa pergi ke Luar Negeri, kita ambil contoh aja biar lebih real, gw seorang Mahasiswa dan jelas kalau Mahasiswa itu duitnya pas-pasan apalagi sekelas Mahasiswa yang hidup di kos kosan yang lampu wc masih warna orange. Nah dan gw seorang Part Time Job yang bekerja sebagai tukang Koran dan dibayar gak lebih dari 400.000/bulan. So dengan uang segitu mana cukup kan ? tapi kenapa bisa ke Singapura ? Modal Nekat bro.. Oke, kita disini berbicara Niat dan itu semua bisa diakalin dengan cara yang sedikit Nekat dan mengambil gaya hidup yang rendah.



     Nah gimana cara agar bisa hemat jalan-jalan di Singapura ? Gw bakal kupas khusus buat lo yang Low Cost dan pengen sampe Singapura (khusus yang ngebet pengen tapi kismin !)

1. Uang
     Nah pokok permasalahan sebenarnya disamping niat adalah ini, iya ini uang. Kalo ngomongin bawa uang banyak itu gak ada habisnya tetapi kalo ngomongin uang cukup itu pasti ada batasnya. Kalo trik gw sih gini, lu itung semua secara rinci dan hemat (yang kira-kira gak penting gak usah dihitung) lalu jumlahin tuh semua, tapi harus sehemat mungkin oke... Buat target per bulan pencapaian keuangan lu, jangan sampai malah kecolongan pas Hari H karena uangnya kurang. Kurangin yang namanya Jajan sama Shoping tuh, belanja aja yang emang menurut lu penting, ya kalo keinginan itu perlu pengorbanan iya kan bro ? Kalau misal lu orang kaya mah gak usah pikirin kata-kata gw di artikel ini. Oke, lalu pikirkan pokoknya sehemat mungkin, banyakin referensi tentang harga barang atau makanan di Singapura. 

2. Cari Tiket Murah
      Kalo yang ini jelas ! Soalnya kalo lu pake tiket mahal udah beda lagi ceritanya. Tapi cari tiket murah itu ada Trick dan caranya juga serta gak sembarang orang bisa, cuma orang yang punya Niat Tinggi yang mampu mendapatkan Tiket murah. Lu bisa dapetin ticket murah dengan cara berlangganan email maskapai atau pantengin websitenya setiap tengah malem. Karena biasanya maskapai ngasih ticket murah atau cuma-cuma itu pas saat tengah malem, contohnya maskapai AA coba lu cek aja deh tiap tengah malem pasti suka ada ticket murah. Lalu cara via Traveloka  nah kalo ini beda lagi, gw beli tiketnya gak langsung yang paket PP soalnya harga sedikit naik jadi gw beli tiketnya secara terpisah dan usahakan beli tengah malem juga keberangkatannya yang hari Selasa atau Rabu dan itu udah terbukti murah, harga tiket Pesawat itu naik-turun jadi pantau terus harga termurahnya dan usahakan beli minimal H-14 bagusnya sih H-3 Bulan.
     Jangan beli bagasi, usahakan membawa barang sedikit mungkin karena kalo lu beli bagasi maka biaya tiket pesawat akan bertambah. ya kan lo niatnya ngegembel masa beli bagasi ? emang lo mau bawa apaan ?

3. Penginapan
     Kalo ke Singapura gw Rekomendasi buat nginep di Hostel, karena Hostel itu lebih murah daripada Hotel. kan sebenernya Hostel/Hotel itu buat lo tidur sama mandi doang walau ada hal lain yang dibutuhin. Jadi sewa aja Hostel yang murah, kalo gw sih tidur di Changi juga cukup..
     Booking Hostel saat masih di Indonesia soalnya harga saat Pesen On The Spot sama Booking pas di Indonesia itu beda jauh, kalau kira-kira kantong lu tipis mah jangan so belagu beli ditempat ! dan kalo beli via Traveloka Harga tiket penginapan pun naik-turun, jadi pantengin juga harga terendahnya. dan banyak kok sebenernya Hostel yang harganya kurang dari 130.000/hari kalo sewa nya via online.

4. Makan 
     Kalo soal makan mah pasti banyak yang bilang mahal, lah lu makan nya di Lawry's The Prime Rib ya pantes aja mahal. Gimana caranya biar makan murah di Singapura ? Makan di KFC ? Makan di MCD ? Mening lu buang jauh rencana makan di Fast Food, banyak kok makanan yang murah di Singapore apalagi kalau lu mau belusukan. contohnya di Mall itu ada suka ada yang namanya Food Court dan Harganya pun relatif murah, tapi ada yang lebih murah lagi kalau lu mau belusukan lebih dalem lagi. Contohnya di ChinaTown tepatnya di People's Park, Nasi Lemak yang biasanya S$4 di ChinaTown cuma S$2.5 sebenernya masih banyak lagi makanan murah kalo lu mau cari di sekitar pemukiman padat penduduk. Atau yang paling gembel nih, lu bawa Mie Instant sama makanan ringan dari Indonesia. Nah kalo minumnya lu bawa botol kosong aja dari rumah ya usahain bawa tumbler biar gak gembel-gembel amat, nanti bisa isi di Tap Water yang banyak tersebar di sekitar Bandara atau Mall. Soalnya kalo beli air minum itu yang botol biasa aja S$1 jadi lumayan mahal.

5. Transportasi
     Kalo Transportasi di Singapura itu kebanyakan umum, sebab masyarakat sana lebih memilih jalan kaki dan menggunakan sepeda jika berangkat ke Kantor atau Sekolah. Emang sih kalo di lihat situasinya sangat mendukung jadi mereka menggunakan moda transportasi massal. Nah maka dari itu kalo main ke Singapura lebih baik Jalan kaki serta menggunakan Transportasi Massal ya seperti MRT, LRT dan Bus. Berhubung disana kagak ada yang bayar cash apalagi kasbon maka lu harus punya Kartu Ez-Link (e-money) dengan harga S$12 dengan Saldo S$5, STP (Singapore Tourist Pass) dengan harga bervariasi mulai dari 20, 26, 30 termasuk deposit kartu S$ 10 dan bisa naik Angkutan Massal tidak terbatas selama waktu tertentu atau Standard Card ( Kalo mau naik MRT doang). Harganya juga murah kok, gw saranin kalau misalkan lo seringnya jalan kaki mening gunain aja Ez-Link nah kalo seringnya naik Moda Massal tapi disana maksimal 3 hari ya gunain aja STP. daripada naik taksi kemana-mana lebih baik naik angkutan massal, mengingat lo baca artikel gw yang menandakan lo gembel.

6. Tempat Wisata
     Gw lagi ngomongin cara gembel kan ? bukan cara mewah.. Maka tempat Wisata yang bisa dikunjungi kayak pemirsa gembel lebih baik tempat Wisata yang Free. Banyak kok tempat Wisata yang Free kalo di Singapura, ya contohnya Bugis Street, China Town, Merlion Park, Museum dan kalo Museum tuh banyak yang gratis. Kalo pengen yang sedikit mewah lu bisa lah mampir ke Garden By The Bay, atau ke Science Center.

7. Oleh-oleh
     Kalo gw sebenernya mau gak mau sih kalo beli oleh-oleh, ya niatnya ngirit. "Tapi gw kan pengen oleh-oleh.." Iye lah gw ngerti, kan perlu ada juga kenangan fisik yang harus dibawa balik ke rumah biar keliatan so iyeh nya ya kan ?.. Nah kalo lo pingin So Iyeh beli Oleh-oleh yang harganya pas di Kantong bolong lo maka gw saranin belinya di Bugis Street atau di China Town. soalnya barang-barang disana keitung murah kalo dibanding tempat lain. Lagian juga buat apa gembel beli barang banyak dari Luar Negeri..

     Tuh liat semua diatas adalah hal pokok saat lu jalan ke Singapore dengan kantong bolong dan sampe sini Niat lu udah sejauh mana ?, sebenernya murah kalo jalan-jalan ke Singapore kalo berfikirnya Out Of The Box dan semua itu gimana gaya hidupnya, ya kalo emang niat hemat sih bakal lah kesampean sampe sana. nah kalo ada hal yang kelewat dalam pembahasan gw maka lo komen aja dibawah atau kalo ada pertanyaan seputar Cinta, Cewek atau Perasaan Ngegembel maka komen juga aja atau chat aja oke..

8 comments:

  1. Liat postingan lo gw baru sadar Gan, ternyata gw gembel banget karena pernah bawa ricecooker ama beras Gan wkwkwkkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Master Backpacker masuk blog ane... Sungkem dulu mastah -/\-
      Ternyata ada yang lebih gembel dari ane..

      Delete
  2. Jadi pingin liburan kesingapura, biaya nya rupanya terjangkau ya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan kalo berani ngegembel mah, hehe..

      Delete
  3. Selalu salut ama orang2 yg bener2 bisa hemat banget pas traveling gini :) .. Krn jujur aku ga bisa. Pernah coba sekali, jalan bareng temen yg niatnya mau ngegembel.. Okelah, aku ikutin.. Tp pas ngelewatin toko2 souvenirs, coklat dll, ya ampuuun, niat mau hemat buyaaar :D. Tp krn uang udh telanjur bawa dikit, terpaksalah atm lgs dikeluarin utk narik lagi :D. Gagal niat mau traveling hemat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Godaan terbesar pas traveling kalo gak liatin cecan/cogan ya belanja, wahaha...

      Delete