Backpackeran ke Singapura dan Cap Paspor Pertama ! - LunarV2 Trip

Saturday, 5 August 2017

Backpackeran ke Singapura dan Cap Paspor Pertama !


     Yahaaaaa, akhirnya gw bisa juga pergi ke Luar Negeri dan melengkapi Sub Menu Blog ! Hal yang paling berkesan ialah saat petugas imigrasi negeri tetangga memberi cap pada paspor, akhirnya gw bisa masuk ! . Kok langsung di imigrasi gimana awalnya ? 
     Jadi gw berangkat dari Indonesia itu tanggal 1 Agustus ke Singapura dengan itinirary, ilmu serta bekal yang telah persiapkan dan bekal yang dibawa udah kayak gak bakal makan akibat paceklik, gw bawa aja banyak roti biar gak mati kelaparan disana.
Berangkat pake kereta ke Senen
     Gw bawa 2 roti biasa isi coklat terus roti bantal yang gede tuh ada 2 roti terus bawa sosis 6 biar greget. banyak blog yang menceritakan bahaya tentang bawa makanan pas imigrasinya, oke disini blog yang bisa dipercaya ! baca terus ke bawah biar jelas !. Jadi hal itu sukses buat gw ciut bawa makanan, tapi kalo dipikir-pikir gw kan backpacker nekat buat apa harus takut ? ah anjer bodo amat, lagian masa sih bakal diusir gara-gara bawa roti kalo datangnya baik dan nyumbang devisa ! hemmm.... akhirnya roti gw bawa karena takut mati kelaparan beranggapan bener. Seriusan, semua tentang blog lain itu sebenernya gak bener menurut gw, ya soalnya gak kebuktiin dan salah satu contohnya gini cuk, misalkan "kalo bawa makanan bakal kena imigrasi" dan yang gw buktiin kagak ada tuh lalu "kalo kesana minimal bawa uang S$500 kalo enggak entar lo ditahan" emangnya salah apa coba ? ini masih masih daerah Asia Tenggara broooo... !!! dan pas disana malah disenyumin petugas imigrasi yang cantik, adaww... jadi yang penting lu punya niatan bener aja dan Tiket pulang serta Hotel harus ada, karena ya itu yang penting yang bisa mastiin kapan lo pulang nantinya. Gw bincang bincang sama petugas imigrasi Indonesia, katanya aman aja asalkan tiket pulang (intinya) sama penginapan (sebaiknya punya) udah ada. Oke lanjut.. Setelah kemas semua terus berangkat ke soetta terminal 2. 
     Oke terminal 2 Soetta Sudah masuk dan Check-in, sempat nyasar tuh masuk ke imigrasi bagian asing dan gw disuruh pindah ke bagian yang Indonesia, emang sih malu-maluin banget apalagi banyak bule, ah kamprettt.... di cek udah, di cap udah tinggal masuk dan cus ke bagian

Depan Gate
Gate, dibagian Gate dikasih air mineral karena pesawat delay, tapi ya kalem aja lah soalnya gw masih mikir di imigrasi sana karena takut kena deport gara-gara banyak bawa makanan kayak yang kelaparan sama bawa duit cuma 150 dolar takutnya disangka gembel, dan didepan gw ada orang india yang lagi duduk sambil liatin gw mulu kayak yang ngece bahwa ini hari terakhir buat gw, sambil tersenyum kecut, *"haha.. mampus loooo..." ah kampret makin takut aja jadinya, tapi ambil santai aja lah karena mau gimana lagi tapi samping tempat gw duduk ada anak kecil yang nyasar terpisah orang tuanya, aduuuhhh... tambah takut aja nih.. jadinya. Gate dibuka dan langsung masuk pesawat no bacot cuss duduk yang kebagian samping jendela, ahey mantap dah...

Sampe di Singapore
   
Keluar Pesawat
     Jam 11.00 Waktu Singapura akhirnya sampai dengan selamat, tapi sebelumnya di pesawat gw niat minta form imigrasi karena waktu itu tidur jadi gak dikasih dan coba jalan ke belakang buat minta form "Hey i'm sorry i need form immigration please" dan jawaban pramugara "form immigration have got beside immigration". kok aneh sih orang lain dikasih dan gw suruh ngambil sendiri, kampret banget sih dan akhirnya gak ambil pusing jawab aja "oh okay tanks i will go to imigration" sambil keheranan karena cewek samping tempat duduk dikasih form. pas masuk bandara changi gw gak langsung ke bagian imigrasi tapi jalan-jalan dulu di dalem, banyak banget tuh hiburannya jadinya betah di changi apalagi ada ps 4, kursi pijat, taman, dan masih banyak lagi juga ada beberapa yang belum sempet coba, mungkin nanti kalo ke changi lagi, hehe,, 
Permainan Photo Pixel
     Setelah ngecas, wifi gratis, maen aer, photo-photo, dan sebagainya yang gw sebutin bakal iri lo pada, langsung keluar imigrasi dan awalnya sempet degdegan karena gw mendarat di T2 dan masuk imigrasi T1 serta ditambah ada beberapa orang yang disuruh ke bagian kantor imigrasi, sambil nangis-nangis tuh cewek masuk kantor imigrasi.. serta ada juga cowok yang disuruh masuk imigrasi sambil loncat indah.. ngeri juga jadinya, jadi perlahan-lahan pindah antrian aja soalnya ngeri bagian imigrasi emak-emak mah... gw pindah ke bagian yang lebih muda aja, hehe..
Imigrasi
     Bagian gw pun dipanggil dan ditanyai soal status, udah punya gebetan belum, mau gak sama kakak dan tanpa basa-basi gw jawab mau ! dengan spontan.. setelah semuanya beres hati paspor gw di cap dan cuss keluar.
     Setelah keluar, langsung nyari temen forum backpacker yang berangkatnya beda pesawat, sampe akhirnya ketemu di pojokan starbucks sambil meratapi nasibnya. berhubung belum ngantuk jalan-jalan di terminal sampe jam 3 subuh akhirnya mata udah 5 watt dan tidur dimana aja karena gw gembel, tapi di bandara juga banyak yang tidur ala gembel dan itu semua gak dilarang dengan batas yang wajar saja.
Orang tidur
Kaget depan lift ada yang gini, dikira mayat -_-
Gw juga Mau bobo ganteng
Dan akhirnya ngikutin jejak pak tua itu jadinya, haha..

     Jam 6 bangun dan nyari makan, buat makan kalian bisa ke T1 di bagian Staff Canteen soalnya pada murah makanan disana seperti nasi lemak aja harganya cuman 4 dolar, cara ke Staff Canteen kalian tinggal ke bagian depan Departure T1 lalu jalan ke arah kanan yang nantinya lu bakal nemu lift sama dispenser dari situ lurus aja terus sampe keluar, nah dari pintu parkiran belok kiri nanti bakal nemu petunjuk arah Staff Canteen.
Staff Canteen Kebawah
   
Nasi Lemak S$4
Isinya Nasi, Telor, Kacang, daging Ayam 2

     Udah kenyang lanjut ke T2 menggunakan SkyTrain lalu ke arah MRT, tapi sebelum ke arah MRT disaranin buat beli STP (Singapore Tourist Pass) karena jika menggunakan kartu itu bakal bebas menggunakan transportasi umum bebas selama waktu tertentu.

Rincian STP (Singapore Tourist Pass):
  • 1 Hari = S$ 20 termasuk deposit S$ 10
  • 2 Hari = S$ 26 termasuk deposit S$ 10
  • 3 Hari = S$ 30 termasuk deposit S$ 10
STP
     Itu semua bebas naik MRT, LRT, sama Bus. Tapi kalau misalkan jarang naik kendaraan umum atau diatas 3 hari lebih baik menggunakan Ez-Link saja karena waktunya yang tidak terbatas tapi perlu isi ulang saldo saja.

Tata Cara naik MRT dan Bus

    Setelah itu lanjut keliling-keliling menggunakan MRT ke seluk beluk kota, mulai dari pusat sampe ke pelosok Singapura nya tapi ya tetep sama aja Singapura bersih dan tertata.

Dah kece blom ?

Helix Bridge
Daerah Bugis

   Jam 2 siang lanjut ke Hostel buat Check-In, gw sewa Hostel di daerah Bugis depan Mesjid Sultan yang konon katanya ngebuat enteng jodo dan ganteng mendadak, nama hostelnya Adamson Inn dan Fasilitasnya lumayan lengkap karena adanya pengaman pintu masuk menggunakan electric card, ruangan ber ac, air hangat, Free Wifi serta adanya sarapan (tapi buat sarapan gak dicantumin di trip advisornya) namun itu semua dijangkau dengan harga murah sekitar 160rb. Setelah Check-In, mandi, makan, tidur, ngopi maka gw lanjut trip lagi jam 5 ke daerah Orchard rd, oh ya buat makan ada tempat di samping Hostel gw yang jualan makan murah dengan masakan india pelayanannya ramah dan oke serta kalo paling enak mesen es tarik yang bikin seger...
Adamson Inn Hostel
     Orcahad daerahnya para TKI kata orang lain mah tapi kalo kata gw beda lagi itu Orchad daerahnya nenek-nenek lupa umur yang suka shoping sama makan eskrim samping jalan bersama gengnya.



Gembel Internasional

     Kalo soal keliling Orchad gak bakal ada habisnya soalnya banyak tempat yang menarik contohnya Lucky Plaza yang banyak jualan barang murah sama ada Food Court yang makanannya murah pula, ada toko yang namanya Nasi Padang tuh tapi ternyata eh ternyata yang ladangin orang malay dikira orang Indo asli beuh... Tapi tetep pesen makan berhubung Nasi Lemak cuman S$ 5 hehe.. Tapi jangan salah lo porsinya itu gede-gede kalo di Singapura ya contohnya ayam goreng aja nasinya banyak ayamnya 2 gede-gede lagi kalo buat gw itu kebanyakan.



     Setelah selesai makan lanjut Trip ke seluruh kota lagi, nah pulangnya nongkrong di daerah Bugis Street, tempat kece nan murahaha..

Bugis Street

Kalo misalkan mau beli oleh-oleh bisa di Bugis Street soalnya barangnya murah dan bagus ada juga tempat lainnya seperti di China Town atau di Arab Street. berhubung udah malem gw ngantuk dan balik ke Hostel.  Jam 9 sudah rapih semua persiapan dan packing-packing dan tinggal berangkat, tapi sebelum berangkat sarapan dulu sama roti yang ada di hostel dan ngambil secukupnya aja soalnya kasian juga yang lain dan kebetulan gw juga bawa roti banyak. buat minuman juga ada kopi juga teh dan kocaknya tehnya itu sariwangi. Nah trip dilanjut ke Santosa Island dengan menggunakan bus dari Shuttle yang letaknya gak jauh dari penginapan,
Penampakan Bis nya
     Nah cara bayar bus itu sama kayak bayar MRT. kalo MRT bayarnya di gerbang dengan men-tap kartu, tapi kalo bus bayarnya dengan tap kartu di dalem bus sebelum naik, naik dari depan dengan men tap kartu kalian di bagian mesin tap kartu lalu bila turun kalian bisa tap lagi ataupun tak usah namun jika kalian puas dengan pelayanan sopir bus tersebut silahkan tap kartu kalian untuk menambah rating sopir bus tersebut.
Nah alatnya macam ni
     Saya naik bus dari bugis dan turun di Vivo City persis depan mall nya, untuk menuju Santosa Island lu musti masuk dulu mall dan ada pilihan jalan ke santosa yaitu menggunakan kaki kalian, LRT (kartu STP tidak berfungsi disini) dan naik gondola, kalau misalkan kalian banyak duit bisa naik Gondola tuh ataupun LRT, karena gw backpacker gembel maka gw gunakan Broadwalk untuk berjalan kaki agar Hemat Duit lebih sehat.
BroadWalk (kiri) dan Escalator
     Di Broadwalk juga ada lantai berjalannya jadi gak usah capek jalan kaki apalagi buat gembel kayak gue yang maunya irit tapi hidup enak, kan anzerrr yaa... Habis sampai sana jalan dan liat ada loket tiket dan setelah diliat harganya sekitar S$105, kok kezel ya... ? Tapi tenang, kalau misalkan mau keliling Santos lu tinggal jalan aja terus, soalnya pintu gerbangnya hanya di setiap wahana saja kalo sekarang ini. Tujuan akhir tercapai dan akhirnya gw bisa berfoto di bola dunia universal, haha...  di dalem sentosa itu banyak wahananya mulai dari USS, Eye Trick, Kedai Korea, Pantai, Casino temenya Dono  dan sebenernya masih banyak lagi..
Kalo nyari Casino
     Setelah puas keliling di Santosa gw jadi lapar dan mutusin Pacar balik ke daerah Vivo City buat cari makanan, di Vivo City itu mall mahal sebenernya tapi didalemnya ada Food Marketnya harga makanan sekitar S$4 juga ada, cara menuju ke Food Market yaitu bisa menggunakan Lift ataupun Escalator yang menuju laintai 3 (L3 bagian atap) nah kalau udah sampe bagian atap maka kalian lurus terus aja ngikutin orang-orang dan nanti bakal nemuin pintu masuk lagi ke mall tak jauh dari pintu masuk mall kalian bakal nemuin Food Market. Di food market gak sengaja nemuin lagi kedai masakan padang dengan harga murah namun yang dipilih bukan nasi padangnya melainkan soto yang harganya S$4 karena gw gembel, hehe..
Food Junction
Ini beda sama Food Market, tapi deketan tempatnya. Kalo ini musti bayar pake kartu Food Junctionnya dengan cara beli dulu kartunya dan isi saldonya lalu Tap pada mesin pesanan. kalo Food Market kita bayarnya Cash ke Pelayan atau Cashier.


Makan udah, Minum udah dan tinggal lanjut lagi.. setelah tetek bengek itu langsung lanjut ke arah MRT, sebenernya kalo ke Singapura itu gampang soalnya petunjuk itu di setiap sudut jadi kita tinggal ngikutin

Kalo ini petunjuk arah di Stasiun MRT
     Dan saat di jembatan penyebrangan ada organisasi WWF (pencinta dan pelindung hewan langka) yang sedang mencari donasi, kebetulan gw ditanya tuh pas lagi photo hunting, "excuseme you want to donate for wwf ?" tanya cewek wwf dan sontak kaget soalnya dia cantik  gw lagi nge take gambar, "ow, iam sorry i'm not want" kata gw, "okay, you tourist yea ?" lanjutnya, "yes i'am tourist" sengaja dikit dikit ngomongnya biar dia betah, whaha... "where from ?" tanya dia lagi sambil melas kayak pengen jadi pacar, "i'am from indonesia" jawab gue sambil senyum manis, "ow, how many days in singapore ?" tanya nya lagi, "emm.. i'am stay in singapore 3 days, but i'am back to indonesia now"jawab gw, "oh oke thanks v'much" jawabnya..

Jembatan Penyebrangan yang dimaksud
     Lalu diterusin jalan ke shuttle buat naik bus, tapi bingung mau lanjut kemana soalnya hampir semua bagian Singapore kejelajahi, dan akhirnya temen nyaranin buat naik bus secara acak dan yang ada tingkatnya aja setelah itu gw sontak jawab iya soalnya belum pernah juga naik bus tingkat di Singapura. Lalu bus datang dan langsung naik, gak tau arah kemana tuh bus dan ya  cuma nikmatin aja jalan Singapura yang bersih dan taunya kalau rutenya lewat Orchad lagi dan berhenti depan Lucky Plaza, balik lagi dah ke Lucky Plaza...
Pemandangan di lantai 2 bus
dan temen ngajak makan, tapi ya gw masih kenyang jadi gak ikut makan dan cuma nemenin doang sambil akses free wifi. Setelah selesai lanjut ChinaTown pake MRT di deket Ion Plaza, gak lama naik MRT cuman beberapa menit dah sampe di Transitan di Dhoubi Gaut terus naik lagi ke daerah ChinaTown.
     Sampe ChinaTown langsung capcus ke daerah yang banyak lapaknya tuh, banyak makanan yang murah apalagi daerah ChinaTown Complex,
Chinatown Complex
tapi ya kan gw cuman jalan-jalan doang jadi gak beli apa-apa, ada lagi nih tempat makan di daerah ChinaTown yaitu di tempat People's Park, dan disini tempat makan yang serba murah contohnya nasi lemak aja cuman S$2.5 menurut gw itu udah harga super murah kalo sekala Singapura.
Chinatown People's Park
     Setelah selesai ini itu mau gak mau balik ke Bandara karena besok pagi udah harus pulang ke Jakarta, sebenernya masih betah di Singapore ya tapi mau gimana lagi mungkin lain kali bakal jelajahin lagi SG, hemmm... Sampe Bandara nyari Wifi dan akhirnya ketemu, oh iya buat akses wifi 24 jam freewifi@changi kalian bisa scan passport kalian di mesin free wifi depan charging station depan Area Check-In T2 dan nanti keluar password nya. Sambil ngecas ditambah wifi gratis, nikmat banget nih hidup gembel gw ya ? tengah malemnya gw makan dan Canteen Staff udah tutup jadi mau gak mau makan di KFC dan itu merupakan hal terfatal dalam Backpackeran gw selama ini, ya coba bayangin aja sekali makan paling murah di KFC S$7.6 , kan bangkar jadinya isi dompet. Dah selesai makan lanjut ke T2 soalnya KFC di T1, di T2 nyari lapak buat tidur dan kagetnya di pintu darurat banyak banget orang lagi molor.
manTaps
hadeuh gw pindah tempat aja dan nemuin tempat nyaman banget di pintu darurat L2. Pagi jam 5 udah Check-in via Machine dan langsung Check-in ke imigrasi, terus solat dulu tuh sebelum berangkat biar varokah setelah itu ke Gate, berhubung di ticket Gate nya kosong jadi harus mantengin Flight Monitor biar tau Gatenya.
Gate Kepulangan
     Di bagian Gate ketemu sama orang Indo yang sedang kuliah di Jepang dan Sharing seputar cara kuliah S3 di Jepang, gw beruntung banget punya kenalan orang yang tinggal di jepang agar nantinya bisa pergi ke jepang buat Next Backpacker, hehe... Oke Gate dibuka, dan mulai masukan barang ke mesin  X-Ray tapi pas masuk Metal Detector kok malah nyala Detectornya, petugas udah mulai bingung tuh tapi senyumin aja, dia nanya "your phone ?", "No, phone in my bag" jawab gw sambil senyum karena takut DICYDUC, "oh sorry sir, this is my belt" jawab gw dan dia mengangguk sambil senyum, hadeuh dikira bakal diciduk. ramah imigrasi di sana kalo kita senyumin, jadi kalem aja. oke lanjut ke Check Ticket dan naik ke Bus Bandara untuk diantar ke maskapai yang ngedukung buat Travelling di Singapore. Akhirnya balik Jakarta dan ninggalin Singapura, sebenernya masih banyak tempat yang dikunjungi tapi tidak dimasukan disini, tapi gw bakal masukin di menu Trip biar gak terlalu sumpek baca postingannya. Oke good bye Singapore, Good Bye juga buat cewek-cewek cantik Singapore dan Pramugari, uncchhh.. deh...

Rincian Perjalanan Singapore Tanggal 1 - 4 Agustus 2017 :

  • Nasi Lemak Staff Canteen T1 : S$ 4
  • Mie + Teh Tarik depan Masjid Sultan : S$ 5
  • Nasi Lemak Lucky Plaza : S$ 5
  • Soto HarbourFront : S$ 4
  • KFC Bandara : S$ 7.6
  • Singapore Tourist Pass : S$ 26 - 10 (deposit) = S$ 20
  • Hostel S$ 30 (deposit) jadi gak di itung
Total S$ 45,6

Tips :

  • Bawa makanan ringan dari indonesia
  • Bawa extensi listrik 3 Kaki, karena disana tegangannya AC bukan DC
  • Bawa Tumbler/Botol Air buat diisi di Tap Water atau dispenser Bandara.
  • Download Maps Offline Maps.Me (kalo Ios)


Sukses gw jadi gembel, itu semua sebenernya masih bisa diteken anggarannya kalo lagi solo traveling.

Bonus :

Gembelers Beraksi


6 comments:

  1. Haha kocak. Selalu menarik baca pengalaman pertama ke luar negeri. Jadi inget saat dulu aku pertama kali menodai paspor, ya norak-norak bergembira jugalah hahaha.

    Aku ke Singapura pertama kali cuma bawa duit 10 dolar :p karena niatnya hanya numpang lewat menuju Malaka. Modal wajah ningrat (dibisa bisain deh ngumpetin wajah jelata di petugas imigrasinya hahaha) aku lolos.

    Padahal kalo diminta tunjuk dompet, ya kader juga. Tapi paling aku sombong dikit, "bro, duit yang dibawa emang dikit, tapi niih ada kartu ATM" Pede aja, masalah saldo menjerit itu urusan belakangan buahahahaha.

    Semoga perjalanan ke Malaysia tahun depan lancar dan sama serunya kayak ini ya.

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah om dut dateng berkunjung.... Pas ditunjukin ATM lokal kayak BRI Simpedes... haha... Keren mas pengalamannya, lebih gembel dari saya kayaknya nih, hehe...

      Delete
  2. Seruuuu cerita pertamanya ke LN :D. Walo bbrp kali ke singapur, tp jujurnya blm bnyk yg aku dtgin, krn kalo kesana udh pasti aku cm mau main di clarke quay, krn ada giant swing dan g max reverse bungy di sana.. Obat utk ngilangin stress :p. Puas main di situ ya udh, bsk balik ke jkt hihihi.. Makanya blm bnyk datangin tempat wisata yg lain.. Palingan nambah USS doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo aku Clarke Quay belum sempet, coba mbak main ke daerah pinggirannya mbak.. suka ada hal menarik biasanya..

      Delete
  3. Gokil ih bikin gemes haha. Pas banget soalnya aku lagi pengen ke singapur pertama kali ama keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gemes akunya ya mbak ? Wkwk..
      Sebenernya ke Singapore itu murah sih, asal tau aja fasilitas yang disediain nya, apalagi sama keluarga

      Delete