Review Kereta Bandara Soetta dan Stasiun BNI City Indonesia - LunarV2 Trip

Friday, 10 August 2018

Review Kereta Bandara Soetta dan Stasiun BNI City Indonesia


Ketika orang lain udah pernah nyoba yang namanya kereta bandara, gue udah coba nyicipin ketoprak mang ihin, serius. Waktu gue bokek ada ribut-ribut di tv yang katanya peresmian kereta bandara dengan nama panggilan Railink, keren juga namanya lu tong ! yang pas baru pertama banget keluar harganya tiketnya Free alias Gretong. Makin kesana makin naik harganya dan terakhir 70.000.

Kebetulan banget bandara buat berangkat gue di Soekarno-Hatta jadi nyempetin deh buat Review kereta bandara yang katanya sih paling bagus dari kereta lain pas waktu itu.

Stasiun BNI City / Sudirman Baru 

www.lunarv2.com - Kereta Railink
Sebelum ke keretanya coba liat dulu stasiunya. Kesan pertama saat liat tampilan luar Stasiunya kayak belum jadi gak tau kenapa, mungkin karena masih banyak tempat yang belum ditata luarnya. Untuk jarak dari Stasiun Sudirman dan Stasiun BNI City itu berdekatan, gak terlalu jauh sekitar 200m dan udah ada jalan kecil yang menghubungkan antar Stasiun, lu bakal menyusuri samping rel KRL ketika akan ke Stasiun BNI City dari Stasiun Sudirman kalo bingung liat aja petunjuknya karena udah jelas terpampang arah menuju Stasiun BNI City. Dan perlu diingat kalo naik KRL mau ke BNI City turun di Stasiun Sudirman dan tinggal sedikit jalan, soalnya KRL biasa gak ada yang berhenti di Stasiun BNI City.

Pertama masuk gue disambut senyum ramah petugas disana dan hampir semua petugas menurut gue ramah banget, ya beda lah sama stasiun lain. Sampe Claning Service juga demikian, oke berarti udah jelas ya untuk keramahan 9 bintang dari gue.

Kesan saat masuk ke Stasiunya menurut gue nih megah banget, saking megahnya cuman ada beberapa orang yang berkeliaran didalem Stasiun itu pun kebanyakan petugas yang sedah bersih-bersih maka gak heran kalo Stasiun ini bersih banget dan beda dari Stasiun lainya.

www.lunarv2.com - Stasiun BNI City

Bagaimana cara membeli tiket disini ?

Channel Pembayaran Railink
Gampang banget menurut gue, sebab ada mesin tiket untuk membelinya. Ingat disini gak bisa bayar secara Cash harus via T-Cash, E-Money, Credit Card ataupun Debit Card. Saat pembelian akan ada jadwal kereta lalu sisa Seat, tapi kalo menurut gue beli On The Spot juga gak bakalan kehabisan Seat soalnya masih jarang ada yang naik, mungkin pas datang waktu hari kerja. Selain pembayaran via diatas ada juga via booking online lewat aplikasi Railink.

www.lunarv2.com - Mesin Tiket
Gue coba bayar dengan menggunakan E-Money besutan BRI yaitu BRIZZI, tap di scanner putih dan beres. Setelah bookingan dibayar maka akan keluar tiket dengan sendirinya, setelah itu tunggu jadwal keberangkatan dan bakal dipanggil sesuai jam keberangkatan, usahakan 15 menit sebelum berangkat stay dulu di deket gate.

www.lunarv2.com - Beberapa Metode Pembayaran

Bagaimana fasilitas BNI City ?

Kalo fasilitas sebenernya biasa aja tapi lumayan nyaman, yang pertama gue liat itu terasnya yang kinclong banget lalu ada galleri gambar tentang jakarta, banyak kursi untuk santai menunggu serta kaca bangunan yang besar sehingga bisa santai melihat View Jakarta, Charger Station terletak di area Mesin Tiket, adanya Information Centre, Toilet yang bersih serta Cafe dan di lantai bawah.

www.lunarv2.com - Toilet
www.lunarv2.com - Wastafel
www.lunarv2.com - Cafe
www.lunarv2.com - Information Centre
www.lunarv2.com - Gallery
www.lunarv2.com - Charging Area
   Kereta Bandara / Railink

www.lunarv2.com - Railink
Di awal kereta datang tepat waktu, karena keretanya terbilang baru maka terlihat bagus dan berbeda dari kereta lainya. Awal masuk langsung merasakan sejuk gerbong dan pastinya gak bau, jarak antara kursi juga tidak terlalu dekat sehingga bisa berjalan dengan mudah, kalo menurut gue tapi karena ukuran badan orang beda-beda maka bisa terbilang jarak yang relatif. Bila membawa ransel maka bisa disimpan di tempat penyimpanan barang yang terdapat disamping atas, kayak kereta Konvensional gitu lah, untuk posisi tempat duduk dalam kereta berformasi 2-2 dan ada yang saling berhadapan yaitu hanya ditengah gerbong, semakin kebelakang tempat duduknya mengikuti posisi yang tengah. Bahan tempat duduk terbuat dari kulit sintetis dan emang nyaman saat duduk, diantara kursi ada colokan untuk Charge hp dengan tipe USB untuk socketnya. Jendela kereta terdapat Sun Shield agar tidak silau atau panas tetapi menurut gue jika tidak ditutup pun tak apa, karena kaca sudah dilapisi Film yang tidak membuat panas serta silau pada penumpang. Selain itu terdapat hiburan berupa layar tv, terdapat CCTV untuk menunjang keamanan juga informasi kecepatan kereta.

www.lunarv2.com - USB Charger
Waktu gue naik penumpangnya cuman ada sekitar 10 orang di kereta jadinya bisa ngacak kursi, untuk kursi tidak ada aturan khusus harus duduk dimana karena tidak terdapat Seat Number pada tiket, jadi ya bebas mau duduk dimana juga. Durasi dari BNI City ke Bandara Soetta sekitar 45 menit, itu terbilang lumayan cepet, mungkin karena mengutamakan kenyamanan sehingga kereta tidak begitu cepat dalam melakukan perjalananya, emang nyaman banget sih karena gak terlalu cepet juga bawanya jadi bisa menikmati view yang ada diluar dengan nyaman apalagi saat mau masuk ke area bandara view nya bagus berlatar Bandara Soetta dan pas disamping lapangan pacu pesawat.

www.lunarv2.com - View Railink
Ada hal yang tak kalah penting yaitu Toilet, dalam Railink ini juga tersedia toilet dan sempet cari tetapi ternyata letaknya lumayan jauh kalo dari gerbong tengah soalnya Toilet ini terdapat di gerbong yang menyatu dengan kepala kereta jadi ya harus jalan dulu dari tengah. Pintu Toilet lumayan susah dibuka dan harus sedikit dipaksa selain itu toilet nya juga kecil jadi jangan bawa ransel atau koper apalagi gak boleh lah soalnya sempit, bawa ransel juga bikin ribet saat masuk. Saat dicoba semuanya berfungsi dengan baik mulai dari Kran, WC, saluran pembuanganya. Untuk yang membawa bayi dan ingin mengganti popoknya di toilet juga terdapat tempat mengganti popok bayi, jadi ada kayak meja yang dilipat berguna untuk tempat mengganti popok bayi.

www.lunarv2.com - Toilet Railink
Kesimpulan

Overall menurut gue udah keren untuk kereta yang baru pertama Rilis, tapi dengan harga yang menurut gue lumayan mahal itu harusnya ada fasilitas lain yang bisa didapat kalo memang ingin tetap di angka 70.000 , bagusnya juga penumpang diberi Snack dan Air untuk menemani saat perjalanan dan gak usah yang mahal-mahal juga gak apa-apa yang penting ada Konsumsi untuk penumpang atau adanya Wifi sehingga harga 70.000 bisa maksimal dalam pelayanan. Jujur nih karena kereta bandara ini sepi penumpang jadi berasa kereta Pribadi, bagus juga buat yang Bisnis, mengutamakan kenyamanan atau keluarga yang bawa anak karena bisa bebas tanpa harus menghiraukan yang lain. Kalau ada yang membingungkan bisa komen dibawah aja. 

6 comments:

  1. Setuju dengan ide kamu. Dengan tiket seharga 70K semestinya ada fasilitas layanan tambahan, entah snack dan mineral water.
    Dan ngga kalah penting, ini kan jaman internet ya ..., semestinya ada wi-fi.
    Jadi, mobile terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, biar gak diem-diem bae mas mawan, hehe..

      Delete
  2. makasih infonya, mdhan suatu waktu bisa nyoab kereta bandara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, cobain Railink. kereta yang terbilang masih jarang di Indonesia.

      Delete
  3. Kalau dilihat dari fotonya, kursinya kayaknya cukup nyaman ya? Ga terlalu mepet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kursi nyaman dan terkesan premium

      Delete