Kawah Putih - Obat Kurang Piknik Dari Ciwidey - LunarV2 Trip

Friday, 6 April 2018

Kawah Putih - Obat Kurang Piknik Dari Ciwidey


     Agenda rutin yang harus dilakuin gw setelah UTS adalah Liburaaaaaann... Mumet pala sama UTS dan sebelum UTS sebenernya udah ada rencana liburan sama kawan-kawan gw yang akhirnya udah bisa ditebak.  Tapi udah gw prediksi dari jauh-jauh hari akan penyakit travel mereka. Yah gimana lagi akhirnya karena gw pingin ada partner buat jalan-jalan ke Bandung maka gw nyari lagi korban yang pengen juga ikut berangkat, Beruntungnya gw nemuin temen yang lagi galau parah dan mau gw diajak ke dunia kelam jalan-jalan. Bandung ? udah pasti dong tujuan gw, bukan gw tanpa alasan pergi ke Bandung karena ngejar hawa dinginya itu bro, tau lah gimana kalau udah ujian pasti otak kebul gak ketulungan maka itu alesan gw buat ngambil trip ke Bandung. 

Terus trip kemana gw di Bandung ?

     Udah jelas lah, di judul juga tujuan utamanya ke Kawah Putih, selamat buat yang udah jawab Tangkuban Perahu. Sebelum berangkat gw udah searching tentang Kawah Putih yang ternyata letaknya di Ciwidey ! *Baru tau gw*, okeh... karena gw berangkat dari Ciamis maka jalan utama kota Bandung bisa jadi patokan buat kesana. Beres UTS Cus berangkat ! gw berangkat kesana dengan modal gembeler lah.. udah bisa ditebak.. ke Ciwidey pake motor biar bisa patungan bensin dan nginep di kosan kawan travel gw si travelergaul.web.id, wkwk... sorry lur bakal ngobrak abrik kosan lu..

     Karena gw berangkat pas Hari Kejepit Nasional maka ya udah bisa ditebak jalanan Bandung padet banget, tapi itu seni Traveling bareng gw.. ya kalo gak belangsakan pasti kelaparan, wkwk... tapi anehnya ada aja yang mau trip bareng gw dan gak masalah juga sih.. karena di akhir perjalanan bareng gw selalu ada hal indah dan tujuan pasti tercapai dengan akhir bahagia, cieeee... mensiasati padatnya jalan ke Bandung dan Ciwidey maka gw nyari rombongan yang dikawal polisi dan akhirnya nemu juga ! kebetulan nemu di daerah Ciwidey yang menuju arah Kawah Putih, haha.. Akhirnya bisa Cepet deh sampenya !

Gerbang Masuk Kawah Putih
     Udah gitu sempet kebabalasan gara-gara gak liat baliho Kawah Putih, asemm.. Sesampenya di Kawah Putih ada gerbang masuk gede tuh, lu tinggal masuk aja. Misalkan lu bawa motor bakal di arahin belok kanan sesudah masuk gerbang utama kawah putih dan kalo bawa mobil bisa lurus aja buat parkir mobil atau bawa mobilnya ke parkiran atas yang deket kawah putihnya, soalnya dari parkiran bawah ke kawah putihnya lumayan jauh banget. Buat yang bawa motor diwajibkan parkir dibawah dan naik ontang-anting dari parkiran bawah, tapi buat yang gak bawa kendaraan sama sekali bisa langsung aja pesen tiket ontang-antingnya dideket parkiran mobil bawah.

Harga Tiket Masuk Motor
~ BTW, si embaknya malu diliatin gw

       Nih gw kasih rincian tiket masuknya :

Kategori                               Harga (Rp.)
Tiket Masuk Lokal               Rp 20.000/orang
Tiket Masuk Mancanegara   Rp 75.000/orang
Tiket Ontang-anting             Rp 15.000/orang
Pre Wedding                         Rp 500.000
Parkir Atas Roda 4               Rp 150.000
Parkir Bawah Roda 2           Rp 5.000
Parkir Bawah Roda 4           Rp 6.000
Parkir Bawah Roda 6           Rp 25.000

      Tiket udah ditangan terus kemana ya ? bingung dah.. biar gak keliatan begonya gw sama kawan jalan-jalan buat nyari cara menuju tempat wisata kawah putihnya.

"eh maksudnya bayar ontang-anting apaan sih ?" temen gw nanyain

"emang ontang-anting apaan ya ?" jawab gw

"terus buat apa dibayar ?" tanya dia

"kan satu paket kata petugasnya" jawab gw sambil cengengesan dengan bingung

     Bego emang sih beli paket gak tau gunanya, sambil jalan-jalan sekitar parkiran ternyata pertanyaan itu terjawab, dan gw ngerti ontang-anting itu apa... ternyata angkot ! WAHAHAHA... ngakak bukan main gw ! jadi ontang-anting itu angkot buat ngangkut pengunjung ke pusat Kawah Putih bro..  yang gak bawa kendaraan, yang bawa motor atau yang males bawa mobil ke daerah parkiran atas bisa naik ini.

Ontang-anting

~ This is ontang-anting gaes !

        Berhubung gw dah beli ticketnya pas di parkiran nah jadi tinggal langsung antri aja gak usah beli tiket ontang-anting lagi. langsung deh naik ontang-anting ke kawah, lumayan lah perjalanan ditempuh sekitar 10-15 menit soalnya jauh juga jalannya ditambah nanjak ya jadinya lumayan agak lama.

Ngantri

Naik ke kawah
     Sampe juga di parkiran atas kawah, lucunya pas gw mau turun dari angkot penumpang yang mau balik ke bawah berebutan naik angkot dan disitu gw kaget banget sama susah mau keluar angkot lagi, hadeuh...
Nungguin yang gak pasti
      Sebelum masuk ke daerah kawah ada view tempat melihat kawah dari atas, ya kayak hutan gitu sih.. tapi lumayan keren ditambah dingin banget pas udah berada di daerah Kawah Putih dingiiinnn pokoknya ! 15'c pas gw kesana, tangan udah dingin muka udah ganteng... gw saranin bawa jaket yang lumayan tebel. Tapi tergantung juga sih kemarin aja pas di kawah ngedadak cerah cuaca dan langsung jadi sedikit panas tambah gerah tapi ya jaket tebel tetep bawa saran gw. Nah kalo yang suka photo nature atau forest lumayan kece juga nih spot hutan di daerah Kawah Putih, terus ada juga tempat buat liat langsung view Kawah Putih dari atas selain dari hutan itu.

Hutan Kawah Putih

View Dari Atas*
*nb : yang panjang tuh tempat photo ya bisa dibilang premium (berbayar)

Dinginnnn !
~ seganteng-gantengnya gw kena dingin mah keok ~_~

     Maksimal 15 menit buat main di daerah kawah, sebelum masuk ada papan pengumuman yang menghimbau agar 15 menit berada di daerah kawah dan gw hampir 1 jam di daerah kawah, wkwkw... tapi bener sih jadinya pas pulang sedikit pusing juga.. Hampir seharian gw habisin waktu buat nenangin diri, pikiran terutama HATI ! di Kawah Putih yang hampir semuanya dah mumet, tapi tetep ada godaan mah buat gw dongkol, ngenes gustiii...

Ngenes
"iya ganteng-cantik siap !!"
"1... 2... eh mundur dikit.."
"mundur dikit lagi..."
"terusss..!!!"
"terus...!!!"
sfx: jbuarrrrrr...
hehehe... *senyum sinis*

     Ya berhubung temen gw udah puyeng gak tau kenapa mungkin keracunan belerang, wkwk.. akhirnya balik lagi ke bawah pakek angkot dan gak usah bayar soalnya pas bayar di bawah itu termasuk PP naik ontang-anting. Tapi mau gak mau lu harus berebutan naik ke angkot tersebut pas mau turun lagi ke bawah, ditambah gw datang waktu Hari Kejepit Nasional pokoknya beuh parah banyak umat gw serasa jadi pemain Hunger Games yang berebutan senjata buat bisa bertahan hidup ! Dengan sedikit kecerdasan gw akhirnya gw ditinggalin angkot ! parah abis... dan nunggu lagi ampe akhirnya gw bisa pulang dengan selamat ke bawah. Saran gw kalo kalian yang suka liburan sepi gak padet orang mendingan datang pas Weekday aja lah jangan Weekend tapi kalo bisanya cuman Weekend ya nikmatin aja lah.. kalo gw sih mau padet atau sepi juga sama aja, soalnya suka ada pengalaman aneh yang didapet ditiap traveling.

22 comments:

  1. Itu angkotnya pake ngetem nggak bro? Wkwkwkw seru juga ya ada angkot dari tempat parkir ke kawah putih. Eh tapi kenapa gak diatas aja ya parkiran? Kenapa harus pake angkot? Atau itu ankotnya khusus untuk tanjakan seperti mobil offroad atau mobil 4wd? Mungkin buat mensiasati penghasilan masyarakat sekitar yak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ngetem bro, langsung capcus kok... Di atas parkiranya gak seluas dibawah gan lagian tanjakanya lumayan jauh, sayang juga kalo pake mobil pribadi ya kecuali kalo mobil pribadinya terima resiko.. nah betul tuh ditambah mensiasati masyarakat sekitar buat bekerja...

      Delete
  2. Gak tau kalo ada angkot jg dsana. Padahal berkali2 ke sana.
    Nyeselnya selalu lupa gk bawa kamera. Pengennya mah lama2 tp gak kuat sama bau belerang hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada sih angkot buat ngangkut pengunjung ke atas. iya belerangnya bau merecon, haha..

      Delete
  3. Kapok ah saya main ke kawah putih,kulit jadi belang hihi
    Kalo siang,masya Allah panasnya rrruuarr biasa :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. kadang panas kadang juga dingin, kemaren pas kesana dingin banget.. eh siangnya gerah banget..

      Delete
  4. Kawah putih sudah rame ya, sampai ada angkot yang sampai parkiran kawah putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu emang fasilitas yang disediain kawah putih, kalo rame mah iya sih soalnya datang pas hari kejepit nasional

      Delete
  5. sekarang aku lihat sdh bagussan , gak spt dulu aku ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya udah dikelola bener-bener sama pemerintahnya..

      Delete
  6. Baru tau kalo ontang anting itu angkot,

    ReplyDelete
  7. Saya dibesarkan puluhan tahun di Bandung. Tapi belum pernah ke kawah putih. Hiks...hiks..hiks sedih. Eh sekarang udah keburu pindah ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga lahir di Bandung baru sekarang ke Kawah Putihnya, malah baru tau Kawah Putih itu di Ciwidey T.T

      Delete
  8. Ternyata malah motor ya yg musti parkir di parkiran bahwah..
    Soalnya kebanyakan yg bisa parkir lebih dekat ke destinasi malah roda 2 biasanya, ini malah roda 4...

    Semoga bisa segera berkunjung ke Kawah Putih ni.. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin biar di jalan menuju Kawah Putihnya gak padet, soalnya kebanyakan motor yang mogok atau berhenti di tanjakan.

      Gw doain biar lu sering bulak-balik ke Kawah Putih..

      Delete
  9. Skr udh mahal aja kalo parkir mobil di atasnya yaa. Aku dulu kesana masih murah bangettt. Blm komersil kayak sekarang. Tp ada bgsnya sih, jd lbh tertata dan rapi juga di dlmnya. Krn pas dulu aku dtg, sbnrnya biasa aja.. Ga terlalu bgs kawahnya. Beda ama yg skr ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kayaknya udah ada perbaikan juga hingga kayak sekarang. gak tau sejelek apa dulunya taunya udah jadi kayak gini, hehe...

      Delete
  10. Hehehe ... keren deh istilah angkotnya itu, bikin orang jadi penasaran ๐Ÿ˜.
    Dinamain Ontang-Anting mungkin karena rutenya bikin angkot pontang-panting melaluinya, ya ...

    Aku suka sama konsep jembatan panjang menjorok ke tengah kawah.
    Tampak instagramble banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau nih aneh juga namanya, pedahal mah angkot. wkwk...

      Iya keren tuh, tapi ya bayar. hehe...

      Delete
    2. Gpp,bayar,kak ...
      Keren kok lokasinya buat berfoto.

      Aku terkesima nih lihat foto ekspresi saat kedinginan ๐Ÿ˜
      Penuh penghayatan ...
      Jiaaah ...
      Hehehe

      Delete
    3. Bayar juga gak rugi lah.. view nya bagus..

      Itu ekspresi kebelet wisuda.. haha..

      Delete

@lunarv2