Coret Bucket List Jatim 2018 ! Part V : DeJaVu Surabaya - LunarV2 Trip

Sunday 17 February 2019

Coret Bucket List Jatim 2018 ! Part V : DeJaVu Surabaya


Hoammm... Bangun ditempat yang gak biasanya, aneh. Baru kali ini gue ngerasa marmer yang empuk dan emperan yang sejuk. Perlahan kelopak mata malas ini dibuka, pemandangan tak biasa terlihat semakin jelas. Langit-langit yang biasanya adalah atap dengan sarang laba-laba menggantung, kini menjadi sebuah Vinyl bercorak kayu dengan Ambiance Lighting. Udara dingin yang biasanya menusuk tenggorokan kini menjadi udara sejuk yang merayu untuk tetap tidur, gila ! kapan gue biasa gembel-gembelan kayak gini ! Bukan mimpi, masih bukan mimpi ! ketika mencoba pencet jerawat rindu di bawah dagu untuk memastikan bukan mimpi, sakit !

Pagi yang kini diawali dengan sangat berbeda, tidak seperti sebelumnya yang pagi hari diawali dengan memijit punggung karena ubin masjid yang keras dan dingin. Cuci muka, kaki, tangan, memang seperti ritual akan tidur tapi bukan, ini adalah ritual gue sebelum menyantap hidangan gratis dari hostel, ritual yang mungkin sangat direkomendasikan oleh petugas kesehatan. Roti, krim green tea, margarin, meises, kopi, gula, capek gue sebutin satu-persatu, sudah tersedia diatas meja makan. Lezat ! Mulai memanggang roti lalu mengoleskan berbagai krim yang ada di meja, termasuk krim panu buatan klinik tong fang biar tambah jos.. Televisi yang dibracket di dinding mulai menyuguhkan berita paginya. Suasana ini seperti tidak asing, memang tidak asing, sebuah DeJaVu melintas namun tak bisa diterjemahkan, biarkan sajalah.. agar tak merusak liburan gue ini. Teh manis habis dan memulai untuk mandi agar tidak terlalu siang buat jalan-jalan, pedahal aslinya jam udah menunjukan pukul 09.00 , gue memanfaatkan momen ini untuk tidur lebih lama karena jarang-jarang gue bisa bangun siang kalo ngegembel, yang ada gue diusir imam masjid atau satpam stasiun kalo molor sampai siang, dan inilah momen terbaik untuk menikmatinya, hoho..

www.lunarv2.com - Teh Untuk Mengawali Pagi
Semua beres, tali sepatu sudah terikat erat, didepan hostel langit cerah menanti dan..

"SELAMAT PAGI SURABAYAAAA!!!!"

"Oy.., oy..."
Suara orang manggil, tapi gak ada orangnya..
"Oy.. oy.."
Gue lirik kanan-kiri nyari yang manggil
"Oy.. oy.." Suara tersebut dari loteng rumah orang

Ternyata seorang jawa tulen dengan warna kulit kecoklatan pake banget yang lagi manggil gue dari atap rumahnya, gak tau maksudnya apa.. tapi mungkin ngajak petak umpet.

"Woy boss... !!!" gue balik nyapa
"Foto oy.. mas, hehe..!!!" teriaknya minta photo, karena gue bawa kamera
"Oke, 1.. 2.. 3.." teriak gue sambil ngarahin kamera yang mati ke mukanya.
*cekreekkkk...*
"Udah coy !!!" teriak gue cengengesan
"Oke, makasih bro...!!" teriaknya tanpa mikir
"Sama-sama" sengklek tuh orang, minta photo tapi gak minta hasil, gue masih cengengesan ngibulin dia.

Jalan-jalan gak jelas mau kemana, ada jalan mulus.. lewatin.., ada terowongan.. masukin.., ada cewek candik dikit.. faallaawww..., ada kapal selam.. kok ada kapal selam di tengah kota ? datengin ! Tempat wisata yang pertama didatengin di Surabaya pertama kali adalah Monumen Kapal Selam, monumen yang terletak didekat Stasiun Gubeng ini memang keren untuk dikunjungi. Gak tau gimana caranya kapal selam itu bisa berada ditengah kota, apakah jatuh dari helikopter atau terbawa arus sungai , yang pasti gue pingin kesana.

"Berapa per orangnya mbak ?"
"15.000/orang" jawabnya

www.lunarv2.com - Tiket Masuk Ke Kapal Selam
"Murah juga untuk sekelas backpacker" itu merupakan kata yang pas untuk menggambarkan harga tiket masuk, kapal selam hijau yang membentang panjang dengan nomor 410 lengkap dengan torpedo merahnya kini sudah ada didepan mata gue, gak kebayang gedenya. Pintu masuk ke kapal selam berada disamping tengah kapal. Gue agak ragu tentang keaslian kapal selam ini, sebab masa iya kapal selam ada pintu disampingnya, bocor dong..!! Gue naik dan didalam kapal selam ada pemandunya.

"Mbak, kok pintunya disamping kapal ? apa gak bakal bocor ? ini kapalnya asli atau replika ?" pertanyaan gue yang sedikit gila bertubi.
"Ini asli, pintu disamping sebab biar pengunjung mudah masuk kedalam kapal dan bisa melihat dari awal kapal hingga akhir (ekor kapal)" jawabnya
"Oh gitu ya" gue singkat menjawabnya karena pertanyaan gue terjawab semua
"Kalau mau liat proses pemindahan kapalnya nanti ada film dibagian diorama jam 12 siang" jawabnya lagi
"Oh gitu, oke !" gue semangat

Isi kapal selam tuh besi semua, gak ada triplek atau tembok, lengah sedikit pala bisa benjol atau dengkul bisa memar. Gak kebayang dah seharian didalem kapal, pasti panas banget ! gue masuk aja udah keringetan terus, itu juga udah pake AC apalagi kalo gak pake, pasti panas. Tapi kapal selam yang sebenernya sih gak pake AC (jaman dulu) gak tau kalo kapal selam modern. Tempat tidur prajuritnya sempit banget, udah kayak bukan tempat tidur menurut gue mah, paling bagus tempat tidur perwira tapi gak sebagus tempat tidur gue di emperan, pokoknya ah this is hell, makanya buat kalian yang baca artikel gue harus bangga sama pahlawan kalian, perjuangannya itu yang harus dibanggain.

www.lunarv2.com - Ruangan Kapal Selam
Lorongnya panjang dan gue harus bungkuk-bungkuk buat pindah ruangan, maklum serba sempit didalem kapal selamnya. Ada toilet tapi cuman 1 dan itu juga kecil banget, coba bayangin didalem kapal selam ada lebih dari 5 awak dan cuman ada 1 WC kecil, kira-kira maksimal waktu didalem WC harus berapa menit tiap orangnya ? itung sendiri gue mah ogah.

www.lunarv2.com - Pintu Pindah Antar Lorong
www.lunarv2.com - WC Kapal Selam
Bersyukur gue bisa keluar, habis itu pergi ke diorama tapi sebenernya bukan diorama sih soalnya tempat tersebut adalah bioskop kecil yang ada di daerah monumen kapal selam untuk nampilin film tentang kapal selam tersebut beserta pemindahannya dengan tujuan membangkitkan semangat juang pemuda masa kini. Dan gue baru tau bahwa pemindahannya itu bukan dihanyutin di sungai samping monumen, lewat helikopter atau pake kantong Doraemon tetapi yang pasti mindahinya itu dengan cara dibongkar dan disusun lagi ditengah kota.

www.lunarv2.com - Ruang Pemutaran Video Sejarah
Ada aja yang buat gue ngakak, di tempat Monumen Kapal selam itu ada tempat berenang buat anak kecil, iya buat berenang. Gak kepikiran gue ada kolam renang belakang Kapal Selam, lalu ada orang mancing di sungai dan dia masuknya lewat gerbang Monumen Kapal Selam, rela bayar demi mancing gratis, ngakak gue liatnya. Saking ngakaknya gue pinginlanjut jalan-jalan, jalan-jalan di kota Surabaya kebanyakan gedung yang memang bersih tiap jalannya tapi sepi ! Awalnya gue suka banget jalan-jalan di kota yang sekelilingnya gedung tapi lama kelamaan gue jadi bosen juga dan ngeri, ngeri kalo ada culik gimana ? wkwk.. Suroboyo Bus melintas dan gue pernah baca bahwa bus itu gretong, iya.. gretong, berdirilah gue di halte yang cuman ada gue dan bapak-bapak doang, saking sepi nya kota ini, oh ya tuhan.

"Pak bener bus Suroboyo gratis ?"
"Iya, bayarnya pake botol aqui yang sedeng 5, kalo yang gede 3" jawabnya
"Kalo gak bawa gimana" jawab gue tolol
"Gak bisa harus bawa" jawabnya lagi

Bus datang dan bapak-bapak tersebut naik..

"Mas.. Mas... Ih mas.." Teriak cewek-cewek kurang obat keluar dari bus
"Buat modal nikah ya mas !!" Cewek-cewek itu terus menggoda petugas Suroboyo Bus yang lagi bertugas mengecek Check Point bus di Halte.

gue datang buat nyelamatkan petugas tersebut dari cewek absurt penggila brondong.

"Mas, emang kalo mau numpang bus harus bayar pake botol aqui ya ?" gue nanya ke petugasnya
"Iya, harus pake itu"jawabnya
"Kalo gak ada ? bisa pake uang ?" tanya gue
"Oh.. Maaf mas gak bisa, soalnya bus ini punya pemerintah dan dipantau langsung, jadi gak bisa pakai uang" jawabnya
"Oke deh" gue ngerti

Yang gue kagak ngerti itu si cewek ngegodain mulu si petugas cowok. Bus berangkat dan menyisakan gue, adek gue beserta sekelompok cewek absurt di halte, hadeuh gue jadi takut dan memutuskan buat jalan kaki aja lah. Kota Surabaya mengingatkan gue sama Singapore, persis.. ini kayak DeJaVu, jalan trotoar yang dibeton rapih disamping jalan aspal yang rata dengan marka jalan yang putih, gedung-gedung menjulang tinggi, gak ada warung, pedagang kaki lima, sampe gue haus pun gak ada tempat buat beli air minum, ya tuhan. Gimana orang-orang kantor yang hidup di gedung-gedung, apa mereka gak tau namanya jajan ? makan ? atau nongkrong ? wah gila. Gue berjalan terus di jalan Darmo yang rencana gue pingin ke Kebun Binatang jalan kaki. Semakin gue jalan, semakin sepi tempat yang gue lewatin yang pedahal itu di kota. Sumpah ini mirip sama Singapore tetapi disana masih banyak pejalan kaki, jadi asik buat jalan-jalan dan enak diliatnya, lah ini malah horror bawaannya.

www.lunarv2.com - Jalan Yang Sepi
Sambil jalan gue terbesit DeJaVu pas di hostel, iya.. perasaan itu sama seperti di Singapore, mulai dari suasana dan fasilitas hostelnya. Backpackeran ini sama persis kayak disana, selain saat jalan di kota, juga saat tidur di hostel, kenapa bisa gitu ? karena setiap backpackeran gue selalu tidur di emperan dan sekarang tidur di kasur yang artinya pas banget momenya sama di Singapore, fix misteri terpecahkan. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah kapan nyampenya gue ke Kebun Binatang ! jauh banget pedahal jalannya lurus dan gak keliatan sama sekali Kebun Binatangnya. Sudah jalan setengah jam dengan keadaan haus, gak ada yang namanya tukang dagang emperan atau apalah yang bisa gue beli dagangannya, udah kayak gurun. Tapi setiap gurun memiliki oase dan begitulah, gue menemukan sebuah mini market Indomerit, satu-satunya oasis di tengah gurun kota yang panas, ah sett dah.. Masuk, beli ini, itu, air, makanan, semuaaaaa gue pengen borong tapi duitnya kagak cukup jadi cuman beli air sama makanan doang untuk melanjutkan melewati gurun berikutnya.

Makan hampir gak sampe 15 menit saking lapernya, sumpah nikmat banget pop mie kalo lagi gini, tapi kalo gak gitu juga emang nikmat sih pop mie mah. Perjalanan dilanjut, baru aja berdiri dari tempat duduk ada bule cewek lewat, penasaran karena ada bule di tempat gurun kota seperti ini gue inisiatif buat ikutin. Baru jalan sebentar itu bule udah ilang, dan gue udah gak aneh lagi karena situasi gini udah terjadi di Malang, aneh emang kalo bule jalanya cepet-cepet gitu kayak kebelet boker. 30 menit berjalan masih belum nyampe, 60 menit berlalu masih belum juga, bodohnya gue yaitu jalan dari ujung jalan darmo ke Kebun Binatang Surabaya, dimana jaraknya kayak dari Bandara Bandung ke Stasiun Kiara Condong "mungkin". Setelah sekian lama berjalan di kota sepi akhirnya kita menemukan sekumpulan orang... bukan sekumpulan lagi sih, mungkin hampir semua orang di Surabaya pindah ke Kebun Binatang, buset.. rame banget ! Waktu masih menunjukan 14.30 dimana Bunbin masih buka. Berarti masih sempat silaturahmi sama sodara gue si MONYET. Dikira gue ya kalo orang-orang tuh gak suka ke Kebun Binatang, tapi taunya banyak juga yang suka ketemu sodaranya, tapi gak semua Bunbin itu penuh pengunjung sih, gue pernah ke Jogjakarta Kebun Binatangnya sepi-sepi terus, kasian juga gue ke penyedianya. Sama kayak kebun Binatang lainnya, isinya hewan semua, ya iya lah.

www.lunarv2.com - Panthera Tigris Sondaica
Terdapat harimau Sumatra yang sudah diklasifikasikan kedalam satwa langka yang terancam punah, dan di Kebun Binatang di Indonesia hanya beberapa saja yang terdapat hewan ini. Di Kebun Binatang ini juga ada Komodo yang lumayan banyak, menjelang sore, photo dulu depan patung Sura dan Baya yang ada didepan Kebun Binatang, nah masalahnya disitu udah dimonopoli sama tukang photo keliling. Sekali gue mau diphoto langsung disuruh minggir dulu, ah sulit pokoknya. Tapi disamping gue juga ada bapak-bapak tampang preman yang nyuruh keluarganya buat diphoto

"Ayo mah cepet, bediri disitu" nyuruh bini nya buat diem di deket patung, sambil nyuruh-nyuruh dengan muka shangar !
"Ayok de ikut mamah sana" Dia nyuruh anaknya yang masih kecil
"Ganti gaya" Nyuruh ganti gaya, yang gue sendiri itu gak tau gaya apa, mungkin gaya katak.
"Sekarang bapak" Sambil nyodorin kameranya ke si bini, gue terkejut, sumpah terkejut ! tampang sangar minta diphoto narsis, aduh cyyyynnn...

*Jeprettt* Diphoto lah dia dengan gaya yang sangar, sungguh membuat lambung gue geli. *jepreeetttt lagi* Jepretan yang kedua dengan gaya yang itu-itu aja namun kaki sedikit dilebarkan, *jeprettt lagiiiii* Gaya yang itu juga namun dengan tangan kanan sedikit dikebelakangkan, apaan cobaaa!!! Dah ah, sekarang giliran gue maju aja, nekat dikit gak bakal ditabok kali. Dengan gerakan cepat gue suruh adek biar photonya cepet, takut ditampol si muka sangar gue mah. Namun walaupun dengan gerakan cepat hasilnya bagus ! sip ! Sebelum tukang photo keliling memonopoli lagi gue dengan gerakan cepat udah beres, kalah cepat kalian haha !

Menyempatkan untuk sholat, gak jauh dari Kebun Binatang ada masjid lumayan gede yang nama masjidnya adalah Al-Falah, bener ini masjid gede malahan dan gue terkejut ketika buka sepatu ada papan pemberitahuan berupa "Jika Ingin Menginap Harap Lapor Ke DKM", tau gitu gue nyewa hostel cuman sehari dan sisanya nginep di masjid ini, tapi gapapa lah ntar aja kapan-kapan kalo ke Surabaya lagi gue bakal mencoba nginep disini, huaha. Awalnya udah sholat ashar mau lanjut ke taman Bungkul tapi keenakan tiduran di karpet masjid jadi dibuatlah opsi sesudah sholat maghrib untuk ke taman Bungkulnya.

www.lunarv2.com - Masjid Al-Falah
Tidur-tiduran sampe maghrib setelah itu lanjut jalan ke taman Bungkul, gak begitu jauh dan gak begitu deket. Tapi dijalanin aja kayak hubungan kita. Lumayan keringetan jalan dari Al-Falah ke Taman Bungkul, kayak taman biasa sih sebenernya cuman guenya aja yang penasaran dan apesnya banyak yang pacaran, hilih... geli gue. Dah ah, laper, pingin balik ke hostel. Karena naik angkot itu hemat maka gue pilih naik angkot daripada naik online, namun gak tau angkot mana yang mengarah ke Stasiun Gubeng, kenapa gue pilih Gubeng ? karena hostel gue deket Gubeng, jadi inisiatif nanya aja, pertama nanya Information Centre 

"Pak, permisi.. kalau angkutan umum dari daerah sini ke gubeng naik apa ya ?" tanya gue
"Emmmm...."lumayan lama dia mikir
"Naik apa ya ?" Nanya ke temennya, sampe temenya gak tau
"Oke makasih" gue bingung, pusat informasi tapi gak tau rute angkutan umum.. prihatin gue

Kedua gue tanya ke Petugas taman
Jawabannya sama dia kagak tau !

Ketiga gue tanya ke tukang kebersihan taman
Jawabannya sama kagak tau juga ! ih..

Gue pusing dan memutuskan makan dulu di angkringan deket taman Bungkul

Lanjut... Keempat gue nanya ke petugas Dishub
Jawabannya kagak tau juga, malah saranin naik online. jadi gini ya.. duit gue nyisa 300rb lagi buat besok, tiket pulang Jogja-Ciamis juga belum beli lagi, makanya gue berhemat, kalo kagak bisa nyangkut gue di Jogja.

www.lunarv2.com - Taman Bungkul
Udah lah, gue capek, tapi ada inisiatif yaitu kita nyebrang dulu kali dan nunggu angkot depan Transmat. Oke sip gitu aja, dan kita setuju, modal nekat aja apalagi hujan gerimis jadi mengundang rindu. Lewat jembatan depan Transmat, dan woaa... keren coy jembatannya, terang warna-warni banyak lampu hias, jadi gak nyesel juga buat jalan kesini, dikira gue ini daerah sepi tapi ternyata rame. Dan didepan ada pos Dishub, tapi gue masih penasaran dan gue inisiatif buat nanyain, tapi kalo misal dia gak tau dan gue berhasil tau berarti gue pantes jadi kepala Dishub !

"Mas, mau tanya kalo dari sini ke, Stasiun Gubeng naik apa ya ?" tanya gue
"Naik online aja mas" Astagfirullah gue sabar
"Maksudnya angkutan umum" tanya gue lagi
"Emm.. naik online aja mas, ada kan aplikasinya ?" dia balik nanya
"Ada.. tapi saya pingin naik angkot" saya mulai kecewa
"Oh.. coba aja tanya ke supir angkot yang lewat" jawabnya
"Oke, makasih" gue capek

Gue jalan nyebrang ke trotoar sebelahnya, dan kebetulan ada angkot nyamperin

"Mas, ini ke Gubeng ?" tanya gue
"Iya, ayo" jawabnya


Ini ada ! ada ! Angkot ke Gubeng, capek gue dari beberapa orang yang gue tanya gak ada yang tau, aduh.. jadi intinya kalau misal dari taman Bungkul harus nyebrang kali (jembatan) dulu dan tunggu depan Transmat lalu tunggu angkot warna gading, udah itu aja. Gak usah ribet dan murah, cuman goceng ! Ah gusti. Di angkot gue kelelahan nanya-nanya mulu sebelumnya dan gak ada yang tau. Selang 10 menitan angkot udah nyampe didepan Stasiun Gubeng, gue turun dan cuaca saat itu hujan gerimis. Gue langsung balik aja jalan kaki ke hostel karena capek.

Gue bangun luamayan siang, dengan jadwal kereta Gaya Baru Malam Selatan jam 12. Gak sempet jalan-jalan lagi, tapi gue sempetin makan Rawon, katanya sih enak. Tetangga gue yang di Malaysia nyaranin makan itu dan karena gue penasaran jadi gue coba. Nyari rawon sekitar St. Gubeng lumayan susah, muter-muter akhirnya nemu di Stasiun tempat kita mau berangkat, iya sisi lain Stasiun Gubeng, bener pas dicoba enak coy.. dagingnya itu empuk dan hampir kayak soto tapi rasanya beda, jadi yang samanya itu bahannya namun beda bumbu, kalo Rawon kayak penuh kecap gitu.

www.lunarv2.com - OTW Jogjakarta
Beres makan langsung Check-In  ke stasiun, dan gue kebagian tempat duduk di gerbong paling akhir dan apesnya gue hadap-hadapan sama yang pacaran ! sungguh dunia ini ! Gue gak tahan dan memutuskan untuk stay di restorasi, banyak stasiun terlewat tapi belum sampai juga dan gue gak enak sama penumpang lain yang mau makan, mau gak mau gue balik ke tempat duduk dan anjir ! tempat duduk gue dimonopoli ! makin-makin nih yang pacaran, dunia serasa milik berdua. Gue dateng dengan muka masam ! duduk dan ketiduran, wehehe.. Bangun tidur, gue liat mereka berdua makin mesra aja, colek sana colek sini, suap-suapan, peluk-pelukan, anjir ! gak tahan gue, ya tuhan ! Gak tahan, akhirnya gue berdiri di sambungan gerbong akhir sampai hampir mau nyampe Stasiun Lempuyangan, balik lagi lah gue buat siap-siap dan gue melihat mereka tertidur pulas dengan mesranya, ah. Sukur lah gue gak bakal bangunin, ampe kebablasan juga, haha ! Setau gue mereka turun di Lempuyangan dan nyampe Lempuyangan mereka masih tidur gak bangun-bangun tetapi gue gak tega ngebanguninnya, hahaha ! akhirnya gue turun dan mereka masih didalam, bye.. bye.. semoga perjalanan bablas kalian romantis, haha !

Akhirnya kota untuk mengakhiri trip yang penuh drama ini sudah ku injak, kota yang katanya adalah tempat terbaik untuk merayakan tahun baru, tinggal menunggu jam 12 malam maka event trip gila ini sudah berakhir, perjalanan yang huahhhh.... terharu, menyedihkan, menyenangkan dan semua akan berakhir hari ini.

"Aku datang Tahun Baru di Jogja !"

Oh iya ini gue pengen ngasih tau, buat kalian yang suka bawa pasangan pas di kereta atau umumnya dimanapun deh ! Jaga kesopanan, apalagi di kereta ekonomi yang berhadap-hadapan gitu, walau penumpang dihadapan kalian juga telah berpasangan kalian tetap jaga kesopanan, jangan bikin risih orang.

Bersambung ke Part VI : Final Trip Jogja dan Waktu Tambahan
Sebelumnya Part IV : Warna-Warni Backpacker Malang

18 comments:

  1. wa lama gak mbolang ke SBY
    kangen jalan tunjungan sama taman gantungnya
    btw, aku juga gak begitu menikmati pas ke monkasel dulu
    kayak ga bisa nafas
    eh udah ke Malang ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengap ya monkasel, haha..
      Iya, sebelum ke Surabaya jalan-jalan dulu di Malang

      Delete
  2. Jadii rindu surabayaa, wisata kuliner di sbyaa yahuud itu mas. Ramee pengunjung juga yaa di monkasel, padat begitu wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan lah.. yang penting Yahud.. gak pake "i"
      Rame banget pas libur mah.. wkwk..

      Delete
  3. Lagi mikir cara pup dalam kapal selam saat di dalam laut.
    Airnya gak muncrat yah :)

    ReplyDelete
  4. surabaya kota kenangan masa kecil yg sampai sekarang belum aku kunjungi lagi

    ReplyDelete
  5. membaca travelog begini menimbulkan keinginan saya untuk liburan di Surabaya.

    mungkin suatu hari nanti..

    boleh terlaksana

    ReplyDelete
  6. Mas itu prgi sendirian aja? Jomblo ya? Itu ptugas bus digodain ce ce absurd kok masnya nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kagak, gue bedua ! Sa ae kutil buaya.. Kagak ah, biasa digodain Taylor Swift gua mah.. wkwk..

      Delete
  7. Bhua..hahahaa ... ternyata dirimu ngga mau kalah gegayaan foto sama bapak si wajah sangar ya .. 😅


    Ssst, ngga semua cowok berwajah sangar itu betulan sangar adanya.
    Ada juga berwajah sangar tapi hatinya suka meloow galauw2an 😛

    ReplyDelete
  8. Wahhh belum pernah liburan ke arah timur nih, sekarang sekarang liburannya ke barat semua kalo ak, mungkin nih bisa liburan ke arah timur tahun ini.. Apakah ak bisa merasakan dejavu juga, dengan liburan ke barat akan sama persis dengan liburan ke timur, hemm menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bisa jadi.. Coba aja lah.. siapa tau DeJaVu. Haha..

      Delete