Sekali Lagi Memandangi Sunset Karang Tawulan - LunarV2 Trip

Saturday, 29 September 2018

Sekali Lagi Memandangi Sunset Karang Tawulan


Sebenernya gue udah beberapa kali main ke Karang Tawulan, laut yang berada di Selatan Kabupaten Tasikmalaya. Ada ciri khusus dari Karang Tawulan ini yang mungkin ada beberapa pantai yang mirip dengan Karang Tawulan, ciri yang mudah diingat adalah spot view yang bertebing, ada lagi ciri lainya dari pantai tersebut adalah ombaknya yang besar, karena terletak di Laut Selatan yang tidak terhalang oleh pulau apapun lagi kecuali mungkin pulau Christmas yang itu pun tergolong pulau kecil, intinya tidak ada penahan apapun lagi yang membuat angin dan ombak di daerah pantai selatan besar.

Kunjungan gue kali ini diharuskan untuk mendokumentasikan tentang tempat pariwisata tersebut oleh Dirparpora Kab. Tasikmalaya. Waktu pertama kali mengunjungi Karang Tawulan pernah untuk melihat Sunset disini tetapi kurang sempurna sebab waktu dulu cuaca cerah tetapi di daerah matahari terbenam cuaca begitu berawan sehingga kurang pas saat melihat Sunset itu. Saat ada kesempatan kembali mengunjungi Karang Tawulan gue punya harapan sih gak mendung atau berawan.

Karena sampai siang hari ke Karang Tawulan jadi memilih untuk membereskan tugas mendokumentasi tempat tersebut sebelum sore datang agar nantinya tak terbebani oleh tugas yang harus dikerjakan. Meski udah beberapa kali kesana tapi itu pun dengan selang waktu yang lumayan lama, gue terkejut karena fasilitas daerah Karang Tawulan sudah lebih baik dari pertama kali berkunjung kesana.

Tebing Timur
Menjelang sore ombak semakin besar dan air laut menjadi pasang, kalau misalkan jalan sedikit ke area tebing dekat goa lalay maka bakal terlihat pemandangan garis pantai yang membentang dengan bulan sabit. Angin yang kencang menambah sensasi pantai selatan, duduk dan menikmati pemandangan, semakin lama duduk maka akan semakin terasa atmosfer pantai selatan yang sulit untuk dituliskan.

Garis Pantai Sebelah Barat
Sunset mulai keluar, baiknya pindah ke arah barat dan menuruni tebing yang telah diberi tangga beton hingga menuju pantai berbatu. Tempat terbaik melihat sunset di Karang Tawulan adalah di tebing bagian Barat atau di Pantai bawah bagian barat. Warna jingga kemerahan menyoroti hingga beberapa menit menuju gelap begitu mempesona, kali ini adalah penampakan Sunset yang begitu sempurna setelah sebelumnya waktu pertama kali datang ke tempat tersebut Sunset tertutup awan di bagian Barat. Begitu rasanya menikmati Sunset laut selatan yang diiringi ombak pengikis tebing dengan angin laut selatan yang tipikal besar.
Pantai Karang Tawulan Barat


2 comments:

  1. Saya pernah nginep di Kalapa Genep, dekat bgt sama Karang Tawulan tapi nggak sempat mampir ke sana. Ternyata keren ya kalau sore~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sumpah keren banget, apalagi kalo cuaca sorenya cerah. Indah lah pokoknya...

      Delete