Cara Menjadi Travel Blogger ? Gak Usah Bingung ! - LunarV2 Trip

Sunday, 17 December 2017

Cara Menjadi Travel Blogger ? Gak Usah Bingung !


     Disini gw sedikit agak so soan ya ngangkat judul "Cara Menjadi Travel Blogger", duh.. parah nih... Sukses juga belum jadi seorang Travel Blogger tapi udah berani ngangkat judul ini.  Tapi gapapa karena kenapa ? kalo kita takut salah maka gak akan tau sampai mana kemampuan kita.. 
betul apa tidak ?
betul !!!!! *buat pembelaan

"Jangan takut salah. Kamu akan tahu mengenai kegagalan. Lanjutkan usahamu" -Benjamin Franklin-

        Lagian kan sebenernya judulnya juga "Cara Menjadi Travel Blogger" dan bukan "Cara Menjadi Seorang Travel Blogger Yang Sukses Dan Bisa Pergi Kemana Aja Dengan Hasil Dari Blogger, Bla.. Bla.. Bla...". Dan gw buat tulisan ini biar kalian yang pingin jadi seorang Travel Blogger menjadi lebih semangat dan merealisasikan kemauan itu.
     Jadi kita liat kenapa gw jadi Travel Blogger terlebih dahulu okeh.... ? 
To The Point aja ya kenapa gw pingin jadi seorang Travel Blogger ? Awalnya waktu pulang dari traveling kepikiran buat nulis perjalanan semua ini di buku dan bisa dijadikan sebuah memori nanti untuk kedepannya dengan niat awal yaitu : menulis di buku > ngeprint hasil photo buat visualisasinya > disimpan > dibaca kapan-kapan *kagak tau kapan. nah awalnya gw berfikir kayak gitu tapi kok dipikir-pikir kurang effisien banget ya ? dan saat itu belum mulai buat nulis di blog. Maka ide tercetus pas di kelas kuliah gw ngelamun dan kepikir tentang website ! tanpa pikir panjang langsung gw searching tentang pembuatan website namun sialnya kalo buat website itu mahal bos !!! terutama harga Hostingnya ! maka naluri anak IT gw keluar dengan sedikit dorongan kantong bolong yang akhirnya keluarlah cara gembel membuat website Travel Blogger. Karena selalu serba gembel maka gw sering diejekin temen tentang kegembelan ini tapi telinga gw udah masa bodo peduli bagong, okeh caranya tercetus bahwa tinggal beli domain aja dan numpang nebeng hosting di Blogger. beres kan ? hahaha... "hidup itu udah ribet  jadi gak usah dibikin lebih ribet !" itu kata sesepuh gw -dede tolibin
     Nah setelah itu gw mulai rutin menulis di Blogger tentang apa aja yang berkaitan tentang traveling dan itu juga gak harus yang jauh. Hal yang terpenting ialah ada kemauan dan konsisten untuk menulis, mau itu tentang tempat wisata, cara mencapai suatu tempat, cara naik transportasi, cara beli makanan, cara masuk toilet, cara cebok sambil standing*gak usah ditulis, pokoknya hal yang berkaitan dengan traveling

Dan biar gak bingung gw kasih 6 poin cara menjadi Travel Blogger :

  1. Untuk Pemula Beli Domain Saja
         Kenapa gw saranain cara ini ? yang pertama biar lo semua yang pingin jadi seorang travel blogger mampu mencoba dan beradaptasi di dunia blogging. Biasanya content management  seperti Blogger atau Wordpress lebih mudah dibanding Website murni full hosting dalam sisi management post, maka dari itu cara ini gw saranin banget buat yang pingin menjadi travel blogger pemula dan juga cara ini lebih irit karena hanya beli domain saja yang harganya tidak lebih dari 150rb/tahun dibanding full hosting normal dengan harga 500rb/tahun! lalu jarang adanya peretasan yang ditujukan untuk blog atau wordpress murni dibanding website murni.
  2. Mulai Menulis Perjalanan
         Mulailah menulis perjalanan, gw kasih saran buat tulisan yang semampunya lu aja dan gak usah puitis bersyair kayak Chairil Anwar, cukup jadi diri sendiri aja. Seiring berjalannya waktu lo pasti bakal ngerti aturan dan cara menulis yang baik dan benar di blogger walaupun gak harus dengan dasar KBBI. Nah buat konten tulis aja perjalanan yang diinget dengan simple dulu itung-itung pemanasan biar gak ngejepret otak lu. Setelah itu mulai deh kalau udah melakukan perjalanan langsung tulis di Web yang dibuat. Dan konten gak harus tentang pengalaman waktu perjalanan aja, itu saran gw tapi setiap blogger biasanya punya ciri khas nya masing-masing tergantung lu enaknya gimana.
  3.  Konten
        "Gan kalo mau nulis konten berarti gw harus jalan-jalan jauh dulu dong ke tempat populer, yang lagi eksis, instagramable, terkenal atau keluar negeri, mana gw lagi bokek lagi ntar blog gw terbengkalai lagi kalo gak ada konten !" Ya lu sadar diri napa gan, kalo emang gak ada duit ya yang deket-deket aja jalan-jalannya lagian gak harus tiap hari update kok materinya, pun materi nya gak harus tentang jalan-jalan terus. Mau lu ngasih materi tips atau trik juga gak apa-apa jadi kalau masalah konten itu gak usah dibikin ribet dan dibuat senyaman mungkin aja yang penting dalam ranah traveling juga gak usah jauh-jauh kalo emang gak punya duit ! ini itu soal hobi bro bukan tuntutan atau paksaan. Alternatif nya, cari aja konten tentang tempat wisata sekitar lu atau angkat besi tentang tempat wisata menarik di daerah lu, jadi gak usah dibikin ribet lah.. Yang terpenting ! buatlah konten Original atau karya sendiri gak copas dari web orang !

  4. Sembari Menulis Rajin Membaca
        Nah seperti yang gw sebut di point kedua, lu juga kedepanya harus ada perkembangan dalam dunia blogging ! entah itu dalam pemadatan materi, bahasa yang disajikan, jenis konten yang nantinya lu pegang seterusnya atau tentang desain web yang menarik. Itu semua perlu digali lagi dari cara "Rajin Membaca" maksudnya biar ilmu lu gak mentok-mentok amat lah.

  5. Jangan Terfokus Kepada Keuntungan
        Nah ini yang gw liat dari blogger lain ! banyak dari mereka pingin cepet kaya dengan cara blogging ! lo pikir ngepet apa, cepet kaya cara blogging ! sampe-sampe copas karya orang, atau pake cara ilegal lainnya. Semua butuh proses bro/sist/cing/cang/cut pun ngepet juga perlu proses. Banyak pemula tertarik menjadi Travel Blogger biar mereka dapet uang dari hasil jalan-jalan mereka atau traveling gratis hasil dari blog mereka. Saya disini sudah menganalisis dari Travel Blogger terkenal seperti : catperku, whateverbackpacker, ranseltravel, naked-traveler, mereka itu sukses karena konsisten menulis dan juga telah lama dalam hal blogging dengan rata-rata 5 tahun dalam merintis travel blogger bahkan mungkin bisa lebih. Nah ini yang pemula pingin langsung sukses dan banyak sponsor ! jangan ngimpi di malem bolong bro ! semua butuh proses. Maka dari itu jangan berfokus pada keuntungan karena kalau gak sesuai dengan ekspekstasi lu maka bisa jadi bakal kecewa. Gini aja, lu ngasih cara buat naik transportasi atau jalan ke suatu tempat juga itu udah ibadah, kenapa ? karena memudahkan seorang pembaca. Dan yang terpenting tulisan dan karya lu bakal abadi, karena salah satu yang abadi adalah tulisan.
  6. Perbanyak Relasi 
        Mungkin biar ilmu travel blogger lu semakin wah maka bisa dengan cara memperbanyak relasi antar travel blogger dan gak sebatas itu juga bro/sist/cang, relasi juga bisa menambah pengunjung blog lu. pasti pengen dong blog nya ada yang baca ? siapa coba yang pengen blog nya dianggurin kaya akyuhhhh... unch... uhweekkk...
Nah itu tips dari gw travel blogger yang belum terkenal namun udah ganteng, moga bisa ngebantu buat lu yang pengen menjadi travel blogger ! kalau ada bingung bisa komeng adul dibawah ya, nanti gw jawab ! yeay...

2 comments:

  1. Kocak gan tata bahasa lo. Kusuka !
    AKu juga lagi belajar jadi travel blogger nh, plus vlog juga sih supaya kekinian.
    Btw, aku mau nanya nih. gimana cara mengatasai kebiasaan sering main tapi jarang Nulis ?
    jadi traveling sama ngeblog ga balance gitu, mageran anaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah yang ngomen Master Travel Vlogger nih kayaknya, hehe...
      Kalo sering main tapi jarang nulis sih tinggal dikembangin aja keinginannya, dengan cara mengingat tujuan kita menulis itu untuk apa ? seperti itu, bisanya kalau tujuan udah kebayang niat juga bakal muncul kok.. dulu juga gw kayak gitu sih... hehe..
      ya kalo suka jalan-jalan tapi jarang nulis menurut gw masih lebih baik daripada jarang jalan-jalan tapi suka nulis, ide untuk membuat tulisan biasanya banyak kalau sering jalan-jalan.. nah beda lagi kalo yang suka mager cantik di kamar tapi pengen jadi travel blogger, itu cukup sulit sih tapi ada caranya biar tulisan tetep jalan yaitu dengan memecah cerita setiap perjalanan sebelumnya. apalagi mas suka Vlogger, pasti bisa lah..

      Delete

@lunarv2