Menjadi Volunteer di Saung Pinter yang Anti Generasi Micin - LunarV2 Trip

Saturday, 18 November 2017

Menjadi Volunteer di Saung Pinter yang Anti Generasi Micin





      Kali ini gw pengen ngedongeng gembel, bukan karena gw kehabisan ide atau materi buat posting tentang backpacker tapi ini pengalaman trip yang menarik juga bagi gw karena disaat seperti banyak masalah tentang moral kususnya menimpa bocah now dengan fenomena "Kids Jaman Now" yang merajaleli tanpa malu melakukan hal diluar akal melampaui kaum dewasa, seperti.. Ah sudah lah nanti juga lo paham...  Mungkin karena mereka terlalu banyak makan Micin sebagai sarapan 4 Sehat 5 Sempurna dan sebenernya disamping mencerdaskan kehidupan bangsa gw buat postingan Dogem Capruk ini karena pertamakalinya diundang buat ngajar anak-anak seumuran TK - kelas 4 SD juga karena gw masih punya sisi Kemanusiaan disamping banyaknya sisi sengkleknya, waduhhh... gimana gak bingung coba ? biasanya ngasih materi buat sekelas Mahasiswa nah kini harus ngasih materi buat bocah, bingung kan ?

     Jadi waktu kemarin ada undangan nih dari HIMATIF (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) buat ngajar di Saung Pinter yang letaknya di Cigalontang, Tasikmalaya. Ya lumayan jauh tempatnya dari Kampus, tanpa pikir panjang langsung aja capcus lah... ditambah penasaran juga sih kalau jadi Volunteer pengajar anak-anak itu gimana sih ?

Anak-anak Saung Pinter
     Oke, sampai ditempat tujuan yang letaknya di desa dan tengah sawah, woww... makin semangat gw buat ngajar. Tempatnya bagus juga soalnya banyak saung sama kolam-kolam pas lah buat jadi taman bermain dan belajar buat anak-anak yang masih kecil. Oke, langsung masuk ke saungnya aja dannn... udah banyak anak-anak kecil yang pada nunggu dari Volunteer Mahasiswa dan langsung seneng liatnya juga kebayang mereka yang seumuran adek gw semangat buat belajar.



Belajar berbicara didepan umum

     Volunteer disana mengajar yang mereka mampu, kebanyakan sih ngajar tentang Teknologi dan Informatika ya soalnya kan kita-kita dari jurusan Biologi Informatika jadi ya pelajarannya seputar Informatika juga.

Belajar melalui media animasi
     Biar lebih gampang ngajar ke anak-anak pake Animasi soalnya ya kalo anak kecil lebih paham liat gambar daripada liat tulisan. Sebenernya sama juga kayak gw, lebih paham liat Meme *gak pake K* daripada liat Laporan Akhir.
Mengajarkan tentang apa itu Virtual Reality
     Karena berbasis Teknologi dan Informasi maka disini salahsatunya mengajarkan tentang Virtual Reality yang kini lagi Booming, tapi lu semua tau kan VR ? Jangan bilang lu gak tau VR, kalah dong sama anak-anak disini yang udah coba VR. Tapi btw TS juga coba VR pas di Saung Pinter, dan yang pasti ini bukan kacamata renang jumbo atau Kacamata anti tawurran, wkwk..

Mengajarkan tentang apa itu robot dan memakainya

         Apa yang gw lakuin disana ? oke karena basic yang bisa adalah Photography mau gak mau harus berusaha buat ngajar Photography juga tentang Kamera ke bocah-bocah yang biasanya materi ini dikasih untuk yang udah ngerti kamera, gila bingung gw... akhirnya gw ngerti jika ngasih materi ke anak-anak itu kita harus berperan juga sebagai anak-anak dan gak perlu jaim ngikutin sifat mereka. Ya akhirnya sifat gw yang Ganteng Kalem harus ditunda dulu deh buat ngajar anak-anak.





Ngajarin Photo Object
     Ngajarin gimana caranya memegang kamera yang benar dan ngatur fokus kamera. btw hiraukan baju gw yang kusut belum disetrika.

Hasil jepretan anak saung pinter
     Nah hasil anak saung pinter. Pinter juga menurut gw soalnya yang jepret ini anak TK.
    Dari antusias anak-anak sepertinya cara gw berhasil, hehe..  Ya karena gw diundangnya pas hari terakhir jadi gak bisa berlama-lama nikmatin saung pinter jadi cuma setengah hari aja jadi Volunteer disana. Tapi gapapa lah keren juga soalnya nih Saung Pinter.

Penyerahan Cinderamata
     Penutupan pun dilakukan dengan penyerahan Cinderamata dan Bantuan barang untuk mendukung aktivitas di Saung Pinter, diwakili oleh Kahim HIMATIF yang kece badai. Njay stelannya aja classic banget ntappp lah....

Bonus
.
.
.
.
.

Udah mirip Cyclops di X-Man belom ?
     

No comments:

@lunarv2