Japanese Design Today 100: Gelaran Barang Sehari-hari yang Unik - LunarV2 Trip

Friday, 13 December 2019

Japanese Design Today 100: Gelaran Barang Sehari-hari yang Unik


Akhirnya gue beres juga wisuda cuk euy, dari sekian hambatan demi hambatan dilewati yang akhirnya mencapai titik final dari dari perjuangan "di kampus". Title gue sebagai mahasiswa gembel sudah hilang, hmm.. tapi title gue sebagai bacoter di blog masih berlanjut haha.. dan akan dimulai lagi!

Ada story nih yang pengen gua masukin di blog ini pas waktu kemaren liburan jalan-jalan ke Museum Nasional Indonesia, memang awalnya sih cuman iseng doang tapi eh.. diliat-liat banyak WNA Jepang masuk Museum, ya gue banget kan kalo soal Jejepangan gitu, akhirnya gue ikut masuk tuh ke museum. Ternyata di dalam museum ada pameran yang namanya Japanese Design Today 100 yang diselenggarakan Japan Foundation, dimana banyak barang unik dari Jepang yang sering digunakan sehari-hari ditampilkan disana, karena temanya Today 100 maka ditampilkan 100 barang, gak tau kalo temanya Today 746 mungkin bakal ada 746 barang yang ditampilin. Pameran ini merupakan pameran yang digelar hampir seluruh dunia dengan jadwal yang berbeda, sebelumnya pameran ini digelar di Faculty of Fine and Applied Arts Gallery, Khon Kaen University (Khon Kaen, Thailand) pada tanggal July 11 - 28, 2019. Dan di Indonesia pun digelar di dua tempat dengan tanggal yang berbeda, sebelum di Jakarta pameran ini digelar di Surabaya.

www.lunarv2.com - Design 99-100
Ada barang yang biasa dipakai sehari-hari seperti panci, teko, baju gelas dan lain-lain lah yang biasa dipake sehari-hari ada juga barang elektronik lalu mobil tapi dalam bentuk photo sih kalo mobil soalnya mungkin gak bakal cukup juga mobil-mobil masuk museum setelah itu ada benda-benda unik yang gak tau gue juga buat apaan. Meski benda yang ditampilkan adalah benda yang biasa digunakan sehari-hari, bukan berarti biasa aja. Karena yang ditampilkan itu barang unik dan nyeleneh kayak hidup gua gitu lah.

www.lunarv2.com - Cupmen
Contohnya produk Cupmen ini, diatasnya terdapat mainan manusia yang doyan rebahan, mungkin fungsinya adalah pembuka cup ramen kali ya? Tapi kalo dipikir-pikir buat apa coba naruh manusia doyan rebahan diatas Cup Ramen, yang tidak lain fungsinya untuk hal nyeleneh yang unik. Dan selain itu terdapat juga produk rumah tangga biasa tetapi lebih unik.

www.lunarv2.com - Wazutsu
www.lunarv2.com - Titanium Cup
Selain dari benda-benda tersebut, ada juga penampilan dari musik tradisional Jepang, beruntungnya gue bisa lihat penampilan itu, mengingat hari itu adalah hari terakhir penampilan grup musik tradisional tersebut. Beruntung juga lah, belum ke Jepang udah bisa liat live music nya. Awalnya yang liat gue doang di depan panggung, tapi lama kelamaan banyak pengunjung lain yang ikut serta berdiri samping gue dan akhirnya penuh lah penonton musik tersebut. Acara diakhiri dengan sesi photo personil, dan gue diajak juga untuk gabung photo bareng, tapi bangke nya gue lupa gak pake hp gue jadi ya udah, wasalaaammm..

www.lunarv2.com - Musik Tradisional Jepang
www.lunarv2.com - Japanese Design Today
Setidaknya ini semua membuat gue bisa lebih dekat melihat kebudayaan Jepang.

2 comments:

  1. Japanese culture impresses everyone with its incredible features. There are some things that we need in everyday life, but we don’t even know about their existence

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, it is true. because some things that are basic and common in this century's life come in part from that country

      Delete