Curug Badak Batu Hanoman - Ini Tasik Apa Lembang ? - LunarV2 Trip

Sunday, 24 March 2019

Curug Badak Batu Hanoman - Ini Tasik Apa Lembang ?


BTW, gue dah lama gak apdet ya? Iya, sorry banget nih soalnya gue dah mulai masuk kedalam kategori manusia langka, langka di kampus maksudnya. Jadi ya gue harus riset sana-sini, bimbingan sana-sini, sama refreshing sana-sini. Ngomongin refreshing nih, gue kemarin nemu tempat yang hampir sama kayak di Lembang, tepatnya hampir mirip Cikole, serius! Tempat yang penuh sama hutan pinus dan hammock-hammock bergelantungan kayak kepompong. Iya kan ? Hutan pinus itu identiknya dengan hammock ? nah disini juga sama, dan banyak. Nama tempat yang gue maksud tuh adalah Curug Cibadak yang letaknya di daerah Sukamukti, Cisayong, Tasikmalaya. 


Tau kan Curug? Belum tau? Curug itu berasal dari bahasa sunda dengan arti Air Terjun, ya seperti itu lah. Gue mau ngomongin kesan pertama pas datang ke tempat ini nih. Jadi perjalanan gue ke Curug Badak itu lumayan lama sebab gue nyasar-nyasar melulu, pedahal jalan kesana amat sangat gampang tapi gue nya aja yang ketololan. Jalanya lumayan jauh juga dari jalan raya, jalan menuju kawasan wisatanya hanya cukup 2 mobil dengan aspalan yang sangat mulus, tenang aja.. sangat mulus kayak paha member JKT48. Setelah setengah jam menyusuri jalan pedalaman maka terlihat lah sebuah tempat hutan pinus yang luas sehingga gue jadi keinget Cikole Bandung, iya mirip! sampe gue mikir "ini beneran Curug Badak bukan sih ?" soalnya tempatnya kayak tempat buat nongkrong gitu.

www.lunarv2 - Pintu Masuk Curug Cibadak
Harga tiket masuk ke Curug Cibadak hanya 5.000 rupiah aja per orang, tapi itu cuman masuk dan belum sama parkir. Kalo parkir bayar belakangan biasanya, siapin aja lah 3.000 buat parkir motor mah. Gak tau kalo buat mobil, soanya kemaren Fortuner gue masih di dealer jadi gak tau harga parkir mobil berapa. Awal masuk bakal disuguhi lapangan parkir luas dengan hutan pinus yang tinggi menjulang. Terdapat beberapa jalan menuju curug dan ada jalan menuju tempat nongkrong juga, tempat nongkrong yang terdapat di daerah tempat parkir itu mirip-mirip tempat nongkrong di Cikole yang terletak di tempat terbuka di bawah hutan pinus dengan kursi dan meja kayu. Selain dari itu, ada juga jalan lainnya yang menuju spot-spot piknik di daerah wisata Curug Badak, jadi intinya Curug Badak ini terdiri dari beberapa kawasan. Ada kawasan nongkrong ala Lembang yang terdapat di dekat tempat parkir lalu tempat karaoke dekat kawasan hammock pertama, naik lebih tinggi lagi ada kawasan hammock lagi juga terdapat warung-warung serta spot foto khusus lalu gak jauh dari tempat tersebut ada jalan menuju curug yang lebih pendek. Untuk curug yang lebih tinggi harus berjalan lebih kebawah serta jalannya pun beda, tapi tenang aja soalnya ada petunjuk menuju curug yang tinggi tersebut.
www.lunarv2 - Pengunjung
www.lunarv2 - Hutan Pinus
www.lunarv2 - Kawasan Hammock Bawah
www.lunarv2 - Kawasan Hammock Atas
Yang bikin gue kagum, di Curug Badak ini terdapat 2 air terjun yang berdekatan sehingga pas kalo difoto untuk acara prewed. Tapi usahakan kalo mau foto-foto disini siapkan kamera DSLR dengan lensa tele atau pake waterproof deh minimal, soalnya gue dah coba foto pake lensa standar hasilnya kurang bagus soalnya cipratan dari air terjunnya itu yang membuat lensanya basah dan blur. Kalau mau basah-basahan bisa langsung aja, gak usah pikirin ganti baju dimana, ada WC kok di deket Curug itu. Nah buat hamba yang taat nih, ada beberapa mushola di sekitar kawasan wisatanya jadi gak usah hawatir, yang perlu dihawatirin tuh jalan menuju curug kembar dengan jalannya masih tanah merah dan tergolong curam. Jika berkunjung pas musim kemarau sih gak masalah tetapi kalau berkunjung pas musim hujan jalan menuju curug nya lumayan licin juga, meski udah ada pegangan tangga, intinya harus hati-hati lah kalau pas musim hujan kesana.

www.lunarv2 - Curug Cibadak
www.lunarv2 - Curug Cibadak 1
www.lunarv2 - Curug Cibadak 2
Tapi, pas musim hujan pun gak kalah keren menurut gue, soalnya suka keluar kabut diantara hutan pinus dan menurut gue bagus banget buat foto-foto apalagi sambil nongkrong, ngopi di kawasan piknik bawah deket tempat parkir, beuh... mantul lah.. Jujur pas gue kesana banyak banget yang pacaran, sampe-sampe ada tulisan peringatan "awas ketemu mantan" memberikan kesan bahwa tempat itu bagus juga buat pacaran, tapi... nih pake tapi ya.. gue gak merekomendasiin itu karena pikir aja sendiri deh... males gue mikirnya... haha...

12 comments:

  1. Wah, curugnya ada dua .. keren dan langka..

    Penasaran sama namanya yang ada Hanoman, karena itu nama tokoh pewayangan di kisah Ramayana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Hanoman tuh memang nama pewayangan.. tapi gak ada patung hanoman atau apa gitu yang berkaitan dengan hanoman. Tapi bisa jadi sih ada kisah tentang hanoman di curug itu.

      Delete
  2. kirain ada adegan nyebur mas heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengennya nyebur mas, tapi sebelum nyebur juga dah basah. Lagian pas kesana lagi hujan-hujannya, dingin asli..

      Delete
  3. melewati hutan pinus dan ketemu air terjun, hm asyiknya, aku suka pinus dan air terjun

    ReplyDelete
  4. pacaran di tempat yg msh agak hutan gini aku malah serem. takut diganggu ama penunggunya hahahah. pernah dgr curug badak ini, cm blm prnh ksana aja. dr temenku yg org tasik :D. kapan2 pgn bisa kesana. wisata air terjun gini aku seneng soalnya mas. tempat di mana ada air terjun biasanya tinggi dan sejuk. makanya slalu jd favorit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini foto pas di jalan ke tempat rekreasinya. kalo di tempat rekreasi nya mah rame kak, gak kayak di foto. haha...
      Yo.. kalo kesini kontak aja biar nanti dianter, ahaha...

      Delete
  5. Curug Badak, curugnya ada, badaknya mana om....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kagak ada itu mah nama doang, badaknya ada di google

      Delete
  6. kalau prewed ada harga tiket khusus gak ? atau sama aja harganya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu pas Projekan prewed sih gak ada harga tiket khusus. Tapi mungkin kalo salah satu tempatnya pingin di private buat prewed bisa jadi ada harga khusus

      Delete