TravelBlog.id Media Informasi yang Pas untuk Pecinta Traveling - LunarV2 Trip

Friday, 18 January 2019

TravelBlog.id Media Informasi yang Pas untuk Pecinta Traveling


Masa muda adalah masa dimana energi begitu melimpah sehingga anak muda zaman kini lebih sering melakukan jalan-jalan atau istilah kekiniannya adalah traveling. Ya, traveling seakan adalah kebutuhan yang primer bagi kaum millennial. Termasuk saya yang lahir didalam kurun waktu millennial tersebut, secara umum para peneliti menempatkan kaum generasi millennial dalam kurun waktu kelahiran 1980-an sampai 2000 yang memang mereka merupakan generasi muda saat ini. Secara geografis Indonesia sangat mendukung untuk memenuhi kebutuhan kaum millennial, dilihat dari daerah pariwisatanya yang menarik serta beragam bentuk wisatanya mulai dari perkotaan yang kaya akan history-nya , pantai yang indah serta gunung-gunung yang menantang para pendaki. Tapi masih banyak kekurangan dalam hal informasi pariwisata di Indonesia, bukan dari segi kuantitasnya namun lebih pada segi originalitasnya. Seringkali banyak artikel yang membahas tentang tips ataupun destinasi wisata tetapi writer dari artikel tersebut belum pernah sama sekali merasakan pengalaman yang diceritakan, selain itu adapula yang artikelnya dirombak habis-habisan oleh editor agar artikel terlihat lebih menarik. Hal tersebutlah yang membuat informasi tentang traveling kurang berkualitas.



Saya mencoba browsing untuk mencari pemecahan masalah tersebut dan menemukan beberapa situs yang lumayan relevan, tetapi yang dibutuhkan masyarakat adalah keaslian konten dan akhirnya saya menemukan situs yang dapat menunjang beberapa masalah tersebut. Yaitu TravelBlog.id,  berlatar belakang untuk mempublikasi secara umum keindahan pariwisata yang ada di Indonesia dan memajukan pariwisata melalui media online, TravelBlog.id terus berkembang, yang awalnya adalah website pribadi hingga akhirnya pada tahun 2018 founder TravelBlog.id memutuskan untuk membuka blognya menjadi Open Blog Travel, dimana terdapat bagian community untuk para Travel Blogger ikut serta membagi kisah perjalanan juga tips kepada khalayak umum. Lalu bagaimana cari menjadi kontributor dalam mempublikasikan pariwisata khususnya di Indonesia kedalam TravelBlog.id ? Hal itu mudah saja, saat di halaman utama kalian tinggal masuk pada menu Sign in lalu ikuti prosedur yang ada. Disini ada beberapa cara untuk daftar, yaitu dengan menggunakan data secara manual, menggunakan akun facebook dan terakhir menggunakan akun G+, mudah kan ? hal itu sangat membantu khususnya bagi yang ingin daftar secara cepat.

Dashboard Pada Laman Kontributor
Setelah login sebagai kontributor maka kalian akan disuguhkan dengan beberapa menu diantaranya adalah :

Menu Artikel
Menu artikel ini memungkinkan kontributor untuk menuliskan pengalaman yang ingin dibagikan kepada publik, dengan media pendukung seperti photo dan terdapat menu simpan sebagai draft untuk menyimpan rancangan artikel dan dilanjutkan dilain waktu. Untuk artikel diwajibkan hasil sendiri atau original yang tidak plagiat dari artikel lain dan begitu juga photo, hal tersebut adalah aturan dari TravelBlog.id lalu agar artikel yang dikirimkan lolos seleksi oleh editor. Lalu ada sub menu lagi yaitu Arikel Draft yang merupakan hasil artikel yang disimpan terlebih dahulu lalu Artikel Pending yaitu artikel yang masih dalam daftar antrian editor terakhir adalah Artikel Diterbitkan yang merupakan artikel yang berhasil lolos tahap editor.

Menu Video
Ini merupakan menu yang paling menarik dari TravelBlog.id karena kontributor bisa mengupload videonya secara khusus. Untuk sub menu yang terdapat pada Menu Video hampir sama dengan Menu Artikel hingga tidak membingungkan kontributor dalam me-manage konten yang akan diterbitkan.

Menu Point
Bagi kontibutor yang suka dengan sistim poin berhadiah, maka TravelBlog.id menyediakan fasilitas tersebut.  Sistim poin yang digunakan adalah jika menerbitkan Jurnal atau Artikel perjalanan maka akan menambah poin (+50)  sedangkan jika mengunggah Video maka poin yang bertambah adalah (+40). TravelBlog.id membuktikan ketegasan tentang konten original itu adalah wajib terbukti jika ditemukan pelanggaran dan artikel telah terbit maka poin akan dikurangi (-50) dengan penarikan artikel tersebut, begitu juga video jika ditemukan pelanggaran maka akan dikurangi (-20) poin, jadi sudah dipastikan bahwa konten di TravelBlog.id sangat diperhatikan keasliannya. Adanya menu poin maka ada juga menu Redeem yang ditujukan untuk penukaran poin dengan hadiah menarik.


Navigasi Yang Menarik
Tampilan dari TravelBlog.id bisa dibilang menarik karena situs ini mengusung tema yang simple dan tile dimana tampilan pada list artikel yang terdapat pada home terdapat tag artikel dan gambar pendukung dengan konsep kotak-kotak, dilihat dari penggunaan memang hal ini sangat memudahkan karena pengguna lebih cepat memahami gambar daripada tulisan. Dibagian paling atas TravelBlog.id terdapat berbagai menu navigasi seperti jalan-jalan, kuliner, tips dan info, seni dan budaya, panduan juga sign in. Tapi ada yang membedakan dari bentuk menu tersebut, ialah menunya menggunakan konsep slide dan image tile, dimana tampilan menu navigasi terdapat gambar yang memudahkan dan menarik bagi pembaca. Jika ingin lebih update tentang artikel, di menu paling bawah terdapat kolom Newsletters untuk berlangganan, nantinya akan ada pemberitahuan secara langsung kepada email jika ada artikel yang terbit.

Hasil Check Server Melalui Smallseotools Bahwa Server Aman Terutama dari Malware dan Phishing
Meskipun TravelBlog.id adalah media penyampai informasi yang masih terbilang baru, tetapi dari segi keamanan data pengguna TravelBlog.id menjamin hal tersebut. Infrastruktur dasar, data server dan hal yang berkaitan tentang teknis sudah diatur sedemikian rupa agar lebih aman saat data pengguna diserahkan pada TravelBlog.id, hingga tidak adanya entitas pemerintah yang ikut campur kedalam penggunaan data TravelBlog.id. Hal itu merupakan poin penting dimana kita sering melihat media yang tidak terkait dengan politik menjadi media politik dadakan, ini merupakan hal yang bagus dan langka mengingat kita sedang berada ditahun politik seperti saat ini, memang kenetralan dan tujuan utama situs harus tetap dijunjung. Melihat TravelBlog.id kini telah menjadi blog terbuka yang masih terbilang baru, tetapi kinerja dalam pencapaianya selama tahun ini begitu mengejutkan terlihat dari Alexa Rank nya dalam kurun waktu 3 bulan terakhir meningkat secara signifikan, mengingat bahwa meningkatkan Alexa Rank adalah hal yang sulit.

Alexa Page Rank Yang Bagus

Selain itu SEO dari TravelBlog.id terbilang cukup baik meskipun terbilang baru.

SEO Yang Baik
Secara tidak langsung hal tersebut merupakan keuntungan untuk para kontributor artikel bahwa nantinya artikel tersebut akan lebih mudah bertengger di jajaran atas page Google, namun tentunya kontributorpun harus memerhatikan SEO pada artikelnya masing-masing karena tidak mungkin suatu artikel bertengger di puncak Google namun dengan hanya sebelah pihak saja.

Ya, intinya TravelBlog.id adalah Open BlogTravel yang dapat menunjang informasi travel secara nyata tanpa banyak perubahan oleh editor web tersebut sehingga keaslian dari perjalanan kontributor dapat tersampaikan dengan baik. Selain itu TravelBlog.id lebih independent dalam hal pengelolaan situs sehingga tidak ada campur tangan pemerintah yang nantinya dapat merubah citra asli dari situs tersebut. Dan terakhir, penggunapun sangat dimanjakan oleh TravelBlog.id karena konten dibagikan  secara gratis dan tanpa ada iklan sedikitpun yang mengganggu pengguna dalam membaca blog tersebut.



#TRAVELBLOGIDREVIEW

4 comments: